Pengertian Demografi


Sobat Pohonilmu.com,pasti pernah dengar istilah Bonus Demografi pada debat pemilihan calon presiden atau mungkin pernah dengar beberapa konten yang ada di media sosial,membahas Demografi.

Istilah demografi berasal dari bahasa Yunani “ demos” yang dimaksud adalah Rakyat ataupun penduduk, sedangkan “ graphein” yang dimaksud menulis atau menggambar. Sehingga makna demografi bisa didefinisikan bagaikan cerminan mengenai penduduk yang mencakup jumlah, perkawinan, kelahiran, kematian, serta migrasi.

Demografi juga mempelajari mengenai bermacam perubahan komposisi serta dinamika penduduk di sesuatu wilayah. Dengan begitu, demografi bisa digunakan sebagai alat analisis penduduk di sesuatu wilayah bersumber pada bermacam kriteria, misalnya suku, ras, kewarganegaraan, agama, serta pendidikan.

Tujuan Demografi


Mengacu pada pengertian diatas adapun tujuan dari demografi itu sendiri merupakan sebagai berikut:

  1. Adanya sebab akibat antara pertumbuhan penduduk dengan macam- macam aspek didalamnya.
  2. Mendeskripsikan perkembangan penduduk di masa lalu, pertumbuhan menyusut serta naiknya penduduk.
  3. Mempelajari jumlah serta penyebaran penduduk dalam wilayah bahkan negara tertentu.
  4. Dapat meramalkan kependudukan yang akan datang, dan kemungkinan konsekuensinya.

Manfaat Demografi


Setelah memahami tujuan diatas selanjutnya, demografi juga memberikan beberapa manfaat, ada pula sebagian manfaat demografi adalah sebagai berikut:

  1. Membantu pemerintah dalam mengevaluasi kinerja pembangunan dengan memperhatikan komposisi penduduk di masa lalu dan masa kini, dan bermacam aspek yang mempengaruhinya.
  2. Membantu pemerintah dalam membuat rencana pembangunan di bermacam bidang, baik bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, serta lain sebagainya.
  3. Memberikan data mengenai tingkatan pertumbuhan ekonomi sesuatu wilayah ataupun negara, yaitu dengan melihat jumlah lapangan pekerjaan, jumlah warga yang bekerja, serta lain- lain.
  4. Memberikan data mengenai tingkat kesejahteraan serta tingkat harapan hidup rata- rata penduduk di sesuatu wilayah ataupun negara.

Variabel- Variabel Demografi


Variabel yang berhubungan dengan demografi banyak sekali, namun biasanya yang digunakan adalah:

  • Kelahiran( fertilitas ataupun natalitas)
  • Kematian( death/ mortalitas)
  • Migrasi( perpindahan)
  • Jenis kelamin
  • Umur
  • Jumlah
  • Penghasilan
  • Agama

Aspek Komponen Demografi


Ada 4 Aspek  komponen yang berkaitan dengan demografi diantaranya sebagai berikut :

Jumlah Penduduk


Jumlah penduduk ialah jumlah masyarakat perkapita yang jadi acuan perhitungan demokrasi. Bila jumlah penduduk sangat besar hingga pendapatan perkapita sangat besar.

Komposisi Penduduk


Komposisi terhadap tingkatan mengkonsumsi ada tiga, pertama makin banyak penduduk yang berumur kerja produktif 15- 64 tahun rata- rata, dan makin besar tingkatan konsumsi. Sehingga semakin banyak penduduk bekerja, maka penghasilan juga makin tinggi pula.

Yang kedua semakin tinggi pendidikan, maka semakin besar pula tingkat konsumsinya, sehingga saat seseorang makin tinggi pendidikannya maka kebutuhan hidupnya kian banyak pula.

Yang terakhir yaitu semakin banyak penduduk yang tinggal di daerah kota, pengeluaran konsumsi juga semakin tinggi. Karena pada umunya warga perkotaan lebih konsumtif di bandingkan pedesaan.

Distribusi Penduduk


Penyebaran penduduk yang berkaitan dengan aspek geografis tempat tinggal seorang. Wilayah. Faktorny merupakan geografis, ekonomi, sosial serta politik. Berbicara distribusi penduduk berarti akan berkaitan pula dengan pola pemukiman penduduk tersebut.

Faktor- faktor Non Ekonomi


Aspek ekonomi misalnya pola hidup sehat, kebiasaan makan, perubahan etika.

Kesimpulan:


Demografi adalah bidang ilmu yang penting dan menarik dalam memahami populasi manusia. Dengan mempelajari jumlah, komposisi, distribusi, dan perubahan populasi, demografi memberikan wawasan tentang dinamika sosial, ekonomi, dan politik. 

Pengetahuan demografi penting dalam perencanaan pembangunan, kebijakan publik, kesehatan masyarakat, dan pemahaman sosial. 

Dengan memahami demografi, kita dapat mengungkap rahasia di balikfenomena populasi manusia dan mengambil langkah-langkah yang relevan untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang berkelanjutan bagi masyarakat kita.

Post a Comment