Makanan Penambah Kualitas Sperma

Pohonilmu.com - Dalam berumah tangga,baik seorang laki-laki dan perempuan menginginkan anak,agar menjadi penyemangat dalam hidup. Agar hal itu bisa terwujud,baik organ repoduksi perempuan serta sperma laki-laki dalam kondisi prima, salah satu hal yang harus diperhatikan seorang pria adalah asupan nutrisinya. Penelitian menunjukkan bahwa asupan nutrisi yang buruk dapat mengurangi kualitas sperma, sehingga peluang untuk hamil bisa lebih kecil.

Saat ingin mendapatkan momongan, menjaga kualitas sperma menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Untuk itu, seorang pria perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, khususnya yang kaya akan antioksidan, protein, vitamin dan mineral, serta karbohidrat.

Daftar Makanan untuk Menambah Kualitas Sperma

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang perlu dikonsumsi untuk meningkatkan kualitas sperma:


1. Makanan yang mengandung folat

Sama seperti calon ibu, calon ayah juga membutuhkan asupan folat atau vitamin B9. Menurut penelitian, kekurangan nutrisi ini dapat mengurangi jumlah dan kualitas sperma.


Pria dianjurkan konsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram per hari. Zat ini bisa ditemukan pada kacang tanah, kacang hijau, kedelai, sereal, kentang, serta buah-buahan. Beberapa jenis sayuran, seperti bayam, brokoli, dan kecambah, juga merupakan sumber folat yang baik.


2. Makanan yang kaya vitamin C

Studi menunjukkan bahwa vitamin C bukan hanya dapat meningkatkan kualitas sperma, tetapi juga mencegah sel sperma dari kerusakan. Jumlah vitamin C yang harus dikonsumsi pria dewasa adalah 90 miligram per hari.


Daftar makanan yang banyak mengandung vitamin C adalah jeruk, kiwi, stroberi, dan jambu, brokoli, kentang, serta sereal dan susu yang difortifikasi atau ditambahkan vitamin C.


3. Makanan yang mengandung vitamin D

Manfaat vitamin D untuk pria dipercaya dapat meningkatkan kualitas sperma dan kadar hormon testosteron dalam tubuh. Pria dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin D sebanyak 15 mikrogram per hari.


Vitamin ini bisa diperoleh dari ikan laut, kuning telur, serta susu dan produk olahannya, seperti keju atau yogurt.


4. Makanan yang mengandung zinc

Kekurangan zinc dapat meningkatkan risiko pria untuk mengalami infertilitas. Maka dari itu, pria dewasa dianjurkan untuk mencukupi asupan ini setidaknya 17 miligram per hari.


Beberapa makanan yang kaya zinc adalah daging ayam, sereal, kacang, gandum utuh, kerang, lobster, kepiting, dan susu.


5. Makanan yang mengandung likopen

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi likopen secara rutin memiliki kualitas sperma yang baik. Hal ini diketahui karena likopen memiliki efek antioksidan, sehingga dapat menunjang kesehatan sel sperma.


Untuk memperoleh nutrisi ini, kamu bisa mengonsumsi tomat, jambu, semangka, dan pepaya.


6. Makanan yang mengandung lemak sehat

Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat, seperti omega-3 dan omega-6 terbukti mampu meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan pria. Untuk memperolehnya, kamu bisa memasukkan ikan, kacang-kacangan, dan chia seed ke dalam menu makan harianmu.


7. Makanan yang mengandung protein

Selain keenam makanan di atas, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung protein, khususnya protein nabati, seperti kacang-kacangan, tempe, tahu, biji-bijian, dan sayuran hijau.


Makanan-makanan ini dapat meningkatkan kesehatan alat reproduksi pria, mengoptimalkan kesuburan, hingga mengurangi risiko disfungsi ereksi.


Kesuburan dan kualitas sperma bukan hanya ditentukan dari makanan, tetapi juga dari gaya hidup keseluruhan. Jadi, mulailah untuk tidak merokok, hindari konsumsi alkohol, kelola stres dengan baik, dan menjaga berat badan ideal, agar kualitas sperma tetap baik.


Jika kamu sudah mencoba beberapa makanan penambah kualitas sperma, tetapi masih sulit mendapatkan keturunan, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan.

Post a Comment

Previous Post Next Post
close