Cara Mematikan Update Windows 10

Pohonilmu.com - Pada saat mengerjakan tugas atau mungkin sedang streaming video game,tiba-tiba Update Windows dan updatenya tidak sebentar. Karena lamanya proses update ini,beberapa orang mencari cara untuk mematikan update Windows 10 agar pekerjaannya tidak terganggu.

Cara Mematikan Update Windows

Untuk mematikan update Windows 10 sendiri ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Untuk lengkapnya, Anda bisa menyimak informasi di bawah ini.

1. Menonaktifkan Update melalui Control Panel

Cara pertama yang cukup mudah untuk Anda lakukan adalah dengan menggunakan Control Panel pada device. Anda bisa mencari menu ini melalui fitur search atau menekan “tombol Windows” yang ada di kiri layar dan langsung mengetikkannya.


Jika sudah berada di menu tersebut, pilih “System and Security” dan temukan menu yang bertuliskan “Administrative Tools”.


Di dalam menu Administrative Tools, Anda bisa melihat banyak fitur yang memiliki fungsinya masing-masing. Anda bisa memilih menu “Services”. 


Scroll ke bawah sampai Anda menemukan “Windows Update”. Klik dua kali menu tersebut dan tunggu beberapa saat sampai terbuka dialog box tentang “Windows Update Properties”.


Di dalam dialog box tersebut, Anda bisa mengganti opsi yang ada pada “Startup Type” yang sebelumnya “Enabled” menjadi “Disabled”. Lalu klik “Stop” pada “Service Status” dan “Ok”.

2. Menonaktifkan Update Melalui Registry Editor (Regedit)

Cara berikutnya, Anda bisa menekan tombol keyboard Logo Windows+R terus ketik Regedit,terus klik YES. 

Jika sudah berada di menu regedit, Anda bisa masuk ke menu “HKEY_LOCAL_MACHINE”, klik “SOFTWARE”, klik “Policies”, dan klik “Microsoft”.


Setelah itu, klik kanan pada menu “Windows” kemudian klik “New” dan “Key”. Berikan nama “WindowsUpdate”. Klik kanan pada key tersebut, klik “New” dan “Key”. Berikan nama “AU”.


Pada key “AU” tersebut, klik kanan pada mouse dan pilih “New”. Kemudian pilih “DWORD (32-bit) Value”. Beri nama “NoAutoUpdate” pada file tersebut dan klik dua kali. Isikan nilai nya dengan “1” untuk bisa menonaktifkan update otomatis. Setelah itu klik “Ok”.


3. Cara Mematikan Update Windows 10 Melalui Configure Automatic Updates

Yang satu ini sudah pasti merupakan cara ampuh mematikan update Windows 10 pada versi Professional, Enterprise, dan Education.


Langkah awal, tekan “Logo Windows+ R” pada keyboard Anda dan ketikkan “gpedit.msc” kemudian enter. Pilih “Computer Configuration” dan klik “Administrative Templates”. Lalu klik “Windows Components” dan pilih “Windows Update”.

Klik dua kali pada “Configure Automatic Updates” dan pilih “Disabled” untuk mematikannya.



4. Menonaktifkan Update melalui Command Prompt

Cara berikutnya untuk mematikan Windows update di Windows 10 adalah dengan melalui CMD atau Command Prompt.


Pertama ketik CMD pada fitur search yang ada di sebelah icon Windows. Kemudian ketikkan “net stop wuauserv”, “net stop bits”, dan “net stop dosvc” secara berurutan. Setelah itu close CMD. Dan dengan begitu, update untuk Windows 10 akan berhenti.


5. Menonaktifkan Update melalui Settings

Anda juga bisa mematikan update Windows dengan fitur pengaturan yang sudah tersedia. Anda bisa menekan tombol “Windows” dan membuka “Setting” dan pilih “Update & Security”.


Pada menu tersebut, pilihlah menu “Advance Options”. Anda bisa mengatur waktu untuk laptop melakukan update agar Anda tidak mengalami update di saat harus menggunakan laptop.

Post a Comment

Previous Post Next Post