Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Menghemat Air PDAM

Pohonilmu.com - Air menjadi salah satu kebutuhan yang tak bisa dilepaskan dalam kehidupan manusia. Kegunaannya sangat banyak untuk rumah tangga, untuk dikonsumsi, untuk mencuci piring dan pakaian, untuk di kamar mandi, hingga untuk berkebun. 

Baca Juga : Syarat, Biaya Dan Cara Mengurus Pemasangan Baru PDAM

Biasanya untuk mendapatkan air bersih di rumah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari membuat sumur bor,membeli air di pedagang keliling, hingga berlangganan air di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). 

Jika anda memutuskan untuk berlangganan air di PDAM,maka setiap bulannya perusahaan distribusi air bersih tersebut akan memberikan tagihan,sesuai jumlah air yang digunakan. Jika tidak cermat,akan mengakibatkan besarnya tagihan dan bikin kantong jebol. 

Berikut beberapa Tips Menghemat Air PDAM Agar Tagihan Tidak Membengkak

1. Pastikan Tak Ada Kebocoran Pipa Dan Keran Rusak

Perlu diperhatikan saat proses instalasi pipa atau peralon,jika yang mengerjakan adalah tukang atau pihak petugas dari PDAM itu sendiri,alangkah baiknya diawasi oleh pihak anda atau keluarga anda. 

Selain itu pipa peralon yang sudah berumur lama yang ditanam di dalam tanah biasanya rawan rusak,dan perlu diganti dengan yang baru. Serta keran jika sudah tidak berfungsi atau sering netes setelah melakukan aktivitas seperti cuci piring dll,alangkah baiknya diganti dengan yang baru juga.

2. Sediakan Tabung Air Cadangan (Tandon Air)

Di momen-momen tertentu atau diwilayah tertentu pasokan air dari PDAM kadang terlambat sampai kerumah kita,alangkah baiknya persiapkan tandon air di atas rumah anda,serta tandon air di taruh di depan rumah atau belakang rumah,gunanya ketika adanya musim hujan tiba anda bisa menghemat pengeluaran untuk keperluan cuci mobil,motor,atau sebagainya. Serta jangan lupa tandon air tersebut ditutup dengan rapat,agar tidak menjadi sarang nyamuk.

3. Efisien Menggunakan Air PDAM

Jika terjadi musim kemarau,alangkah baiknya tidak terlalu buang-buang air,dan jika memang dibutukan untuk perkebunan atau tanaman didepan rumah,alangkah baiknya di siram waktu sore hari saja. 

4. Lakukan Pengecakan Serta Kalibrasi Alat Pengukur Secara Berkala

Selalu cek tagihan setiap bulannya,ketika anda telah mencatat penggunaan air dengan seksama namun tagihan Anda tetap membengkak, ada baiknya untuk melakukan penyesuaian jumlah air yang keluar dengan laju pergerakan angka pada meteran (kalibrasi).

Jika air yang keluar lebih sedikit dari total angka yang bertambah, makan segera laporkan pada petugas PDAM.

Dengan begitu, Anda akan mengetahui jika ada kesalahan yang terjadi pada PDAM atau terjadi kebocoran pada rumah Anda.

5. Bijak Menggunakan Air

Jika anda anda sedang melakukan aktivitas menggosok gigi,atau sedang menuangkan sabun ke spoon saat cuci piring. Alangkah baiknya keran air dimatikan terlebih dahulu,atau setidaknya bawa wadah penampung dan segera matikan air keran dari PDAM.


Post a Comment for "Tips Menghemat Air PDAM"

close