Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

16 Peluang Bisnis yang Menguntungkan di Bulan Ramadhan



Pohonilmu.com - Bulan puasa merupakan waktu yang sangat tepat untuk memulai usaha karena banyak orang mencari makanan dan minuman yang cocok untuk berbuka dan sahur. Dalam kesempatan ini pohonilmu memberikan informasi,agar anda bisa melakukan bisnis yang sederhana ini.

Berikut ini adalah beberapa ide usaha menjanjikan di bulan puasa:

1. Catering Buka Puasa

Anda dapat memulai usaha catering buka puasa dengan menyediakan menu beragam untuk berbuka puasa. Anda bisa menawarkan menu yang berbeda setiap harinya untuk menarik pelanggan.


2.Jualan Makanan Ringan/Jualan lauk

Banyak orang mencari camilan dan makanan ringan saat berbuka atau saat menunggu waktu berbuka puasa. Anda bisa memulai usaha jualan makanan ringan seperti aneka gorengan,keripik, kue, atau roti dengan variasi rasa yang beragam. Selain itu anda bisa jualan lauknya saja,seperti pepes ayam,


3.Jualan Minuman Segar/Hangat

Minuman segar atau hangat seperti kolak, bubur kacang hijau, atau es campur es buah, es jeruk, dan jus sangat cocok untuk menghilangkan dahaga saat berbuka puasa. Anda bisa menjual minuman segar di pinggir jalan atau membuka gerai minuman di pusat perbelanjaan.


4. Jualan Makanan Berat

Setelah berbuka puasa, banyak orang mencari makanan berat untuk mengisi perut. Anda bisa memulai usaha jualan makanan berat seperti nasi goreng, mie goreng, atau sate dengan variasi rasa yang berbeda.


5. Jualan Baju Muslim

Bulan puasa juga menjadi momen yang tepat untuk memulai usaha jualan baju muslim. Anda bisa menawarkan pakaian muslim dengan desain dan model yang menarik untuk dipakai saat beribadah selama bulan puasa.


6. Jualan Alat Sholat

Selama bulan puasa, banyak orang memperbanyak ibadah sholat. Anda bisa memulai usaha jualan alat sholat seperti sajadah, mukena, dan sejadah dengan desain dan motif yang menarik.

7. Membuka Bisnis Jualan Hampers atau Parcel

 Bulan ramadhan dan bulan syawal merupakan bulan sangat ada kaitannya seperti mudik & bersilaturahmi,tidak lengkap rasanya membawa oleh-oleh atau tidak lengkap kalau sekedar ucapan rasa terima kasih atas keluarga di kampung yang selama ini mendukung kesuksesan atau semacamnya. 

Nah moment ini sangat cocok untuk kamu manfaatkan membuat jasa/jualan Hampers dan parcel,serta kamu bisa mengatur minimal beli berapa paket atau semacamnya.

8. Jualan Frozen Food 

Bulan ramadhan merupakan bulan penuh berkah,banyak orang kena macet dijalan saat mendekati buka bersama,atau mungkin orang hampir telat sahur. Dengan adanya frozen food orang tidak perlu takut telat sahur,serta orang terjebak macet pulangnya bisa langsung instan menggoreng frozen food dengan nasi serta sambal/saus.

9. Jualan Sayur atau Bumbu Masakan Instant

Tidak diragukan lagi,sebagian orang pasti pernah mengalami istilah "telat bangun sahur" atau mendekati waktu sholat subuh. Dan kebanyakan memilih untuk makan menu seadanya,dari pada tidak puasa sama sekali. 

Nah,moment ini juga bisa kamu manfaatkan,untuk menjual bumbu-bumbu instant serta sayuran segar untuk ibu-ibu rumah tangga yang sering telat bangun sahurnya. 

Itulah beberapa ide usaha menjanjikan di bulan puasa yang bisa Anda pertimbangkan. Pastikan untuk memilih ide usaha yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda serta mempertimbangkan faktor pasar dan persaingan bisnis.

10. Online Food,Jastip,Ojol (Ojek Online)

Usaha yang ini tidak terlalu banyak effort serta minim biaya pengeluaran,dikarenakan usaha yang satu ini dikategorikan jasa. Online food anda bisa asal posting,dan ambil untung atau memang sudah memiliki produk untuk di onlinekan. terus jastip,anda bisa mengatur jadwalnya serta anda bisa meminta biaya 50% dari kesepakatan,dikarenakan untuk jastip kadang ada orang iseng asal pesan akan tetapi tidak punya uang. Terakhir ojek online,anda bisa mendaftar ojek online seperti shopee food,grab,gojek

11. Rental Mobil


Punya mobil tidak terpakai saat lebaran nanti? Kenapa tidak direntalkan saja?

Hal ini juga dapat menjadi usaha di bulan Ramadan yang menjanjikan.

Saat Lebaran nanti, tentu akan ada banyak masyarakat yang melakukan tradisi pulang kampung bersama keluarga.

Tapi karena biasanya tiket transportasi umum seperti kereta, bis atau pesawat cepat habis, membawa kendaraan pribadi tak jarang jadi alternatif.

Nah, bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan pribadi, menyewa mobil pada rental menjadi pilihan.

Jika kamu ingin menjalankan usaha rental mobil ini pastikan melakukan hal-hal berikut:

  • Membuat surat perjanjian sebelum penyewaan yang ditandatangani dengan materai oleh kedua belah pihak
  • Memberlakukan penahanan KTP selama masa penyewaan,
  • Meminta informasi data pribadi lengkap dari penyewa,
  • Memasangkan alat pelacak GPS pada mobil.

12. Pencucian Kendaraan


Tidak hanya rental mobil saja yang memiliki potensi besar di bulan puasa, tetapi jasa pencucian kendaraan juga, lho.

Bagi mereka yang memiliki kendaraan entah mobil atau motor, tak jarang mencuci mobilnya menjelang hari raya.

Hal ini biasanya dilakukan oleh mereka yang ingin menjalankan mudik dan meninggalkan kendaraannya di rumah.

Jadi, saat ditinggalkan kendaraan dalam keadaan bersih.

Kamu pasti juga sudah tahu, kalau kendaraan yang kotor tidak hanya membuat tampilannya tidak enak dipandang, tetapi dapat merusak mesin-mesin di dalamnya juga, lho.

Maka dari itu salah satu peluang usaha di bulan Ramadan ini, menarik untuk dicoba, kan?

13. Penitipan Kendaraan

Satu lagi usaha di bulan Ramadan yang berhubungan dengan kendaraan, yaitu jasa penitipan mobil.

Nah, usaha ini cocok banget buat kamu yang memiliki lapak besar tidak terpakai.

Biasanya banyak orang yang khawatir untuk meninggalkan kendaraan pribadi di rumah kosong saat mudik lebaran, maka dari itu usaha ini selain memberikan keuntungan juga membantu sesama, lho.

Tak hanya saat di bulan Ramadan, di hari biasa tempat penitipan kendaraan juga banyak diperlukan, lho, apalagi dengan minimnya lahan parkir publik yang ada saat ini.

Tapi kalau kamu serius ingin menggiati usaha ini, pastikan untuk meminta izin kepada Bupati/Walikota setempat dan mengikuti ketentuan yang tertuang pada Peraturan Pemerintah No. 79 Tahun 2013.

14. Penitipan Hewan

Selain kendaraan, penitipan hewan juga marak dicari oleh orang-orang di bulan Ramadan, lho apalagi menjelang Lebaran.

Banyak orang yang memiliki hewan peliharaan, namun kesulitan untuk membawanya saat mudik, karena itu mereka memutuskan untuk menitipkannya.

Nah, bagi kamu pecinta hewan, tak ada salahnya mempertimbangkan untuk membuka jasa penitipan hewan, lho.

Tapi harus diingat bahwa usaha ini tidak main-main karena berhubungan dengan nyawa hewan.

Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa tempat penitipan kamu bersih dan higienis, kalau bisa tempat hewan betina dan jantan dipisahkan juga.

Selain itu, ada baiknya untuk tidak mengurung hewan pada kandang, lebih baik mereka dikeluarkan dan diajak main sehingga tidak stress.

Kamu juga harus secara rutin memberi pakan, memandikan dan mengabarkan kondisi hewan kepada pemiliknya.

15. Penyaluran Asisten Rumah Tangga


Tradisi mudik biasanya berefek pada Asisten Rumah Tangga yang juga pulang ke kampung halamannya.

Kamu yang biasanya dibantu oleh ART di rumah, tentu saja kan mengalami kesulitan karena harus mengerjakan pekerjaan rumah sendiri.

Maka dari itu, banyak dari mereka yang mencari infal atau Asisten Rumah Tangga sementara untuk membantu selama bulan Ramadan.

Nah, karena itu memiliki jasa penyalur Asisten Rumah Tangga mungkin bisa menjadi peluang usaha di bulan Ramadan yang menguntungkan.

16. Usaha Laundry


Berhubungan dengan banyaknya para asisten rumah tangga yang mudik, tentu saja kamu yang biasanya mendapatkan bantuan untuk mengurusi urusan rumah akan merasa kesulitan.

Karena hal itulah, tak jarang banyak orang menggunakan jasa laundry untuk mencuci baju mereka.

Melakukan usaha laundry, termasuk usaha dengan modal kecil dan siapapun bisa melakukannya.

Post a Comment for "16 Peluang Bisnis yang Menguntungkan di Bulan Ramadhan"

close