Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Manfaat Zinc (Seng) Bagi Kesehatan



Pohonilmu.com - Zinc merupakan mineral yang diperlukan oleh tubuh kita untuk menjalankan berbagai fungsi penting. Zinc berperan pada proses metabolisme, produksi sel-sel tubuh, dan sistem kekebalan tubuh. Karena penting Seng atau Zinc dalam pertumbuhan kita, kita perlu menkonsumsi sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi yang sesuai usia kita.


Manfaat Zinc bagi Kesehatan


Untuk lebih lengkap, berikut adalah beberapa manfaat zinc bagi kesehatan tubuh kita.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Zinc diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel darah putih dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kekurangan zinc dapat meningkatkan risiko infeksi dan penyakit, termasuk pilek, flu, dan infeksi saluran pernapasan.


2. Menjaga Kesehatan Kulit


Seng atau Zinc dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan mempercepat proses penyembuhan luka dan membantu mengurangi peradangan kulit. Zinc juga berperan dalam produksi kolagen, yang penting untuk menjaga elastisitas kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.


3. Meningkatkan Kesehatan Mata


Selain meningkatkan kekebalan tubuh dan menjadi kesehatan kulit, Zinc juga penting untuk kesehatan mata karena mineral ini membantu melindungi sel-sel mata dari kerusakan oksidatif dan membantu mengurangi risiko degenerasi makula. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa zinc dapat membantu mengurangi risiko katarak.


4. Menjaga Kesehatan Jantung


Zinc dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan dan membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Beberapa studi menunjukkan bahwa zinc dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.


5. Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Anak-Anak


Bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, menkonsumsi Zinc yang cukup dapat membantu meningkatkan produksi hormon pertumbuhan dan membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Kekurangan zinc dapat menyebabkan masalah pertumbuhan pada anak-anak.


6. Menjaga Kesehatan Reproduksi


Zinc juga penting untuk kesehatan reproduksi pada pria dan wanita. Zinc membantu memproduksi hormon seksual dan meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Beberapa studi menunjukkan bahwa zinc dapat membantu mengurangi risiko infertilitas pada pria.


7. Meningkatkan Fungsi Otak


Zinc sangatlah berperan penting dalam menjaga fungsi otak yang sehat, termasuk memori, konsentrasi, dan mood. Beberapa studi menunjukkan bahwa zinc dapat membantu mengurangi risiko depresi dan meningkatkan kesehatan mental.

Angka Kecukupan Gizi (AKG) Zinc

Menurut World Health Organization (WHO), angka kecukupan gizi zinc untuk orang dewasa adalah sekitar 7-11 mg per hari. Angka Kecukupan Gizi Zinc (Seng)

Berikut adalah beberapa rekomendasi asupan zinc untuk beberapa kelompok usia menurut WHO (World Health Organization).


  • Bayi 0-6 bulan: 2 mg per hari
  • Bayi 7-12 bulan: 3 mg per hari
  • Anak-anak 1-3 tahun: 3 mg per hari
  • Anak-anak 4-8 tahun: 5 mg per hari
  • Anak-anak 9-13 tahun (laki-laki): 8 mg per hari
  • Anak-anak 9-13 tahun (perempuan): 8 mg per hari
  • Remaja 14-18 tahun (laki-laki): 11 mg per hari
  • Remaja 14-18 tahun (perempuan): 9 mg per hari
  • Dewasa (laki-laki): 11 mg per hari
  • Dewasa (perempuan): 8 mg per hari
  • Wanita hamil: 11-12 mg per hari
  • Wanita menyusui: 12-13 mg per hari


Namun, perlu diketahui bahwa kebutuhan zinc dapat bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan dan kegiatan fisik seseorang. Misalnya, wanita hamil atau menyusui memerlukan lebih banyak zinc karena mineral ini dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin atau bayi mereka.

Kekurangan zinc dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan pertumbuhan, kerusakan kulit dan rambut, penurunan sistem kekebalan tubuh, dan masalah reproduksi. Namun, mengonsumsi zinc dalam jumlah yang berlebihan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti mual, muntah, diare, dan penyerapan nutrisi yang buruk. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi zinc dalam jumlah yang tepat dan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi suplemen zinc.


Sumber Makanan yang Mengandung Zinc (Seng)


Zinc adalah mineral penting yang diperlukan tubuh untuk menjalankan berbagai fungsi, termasuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, pertumbuhan dan perkembangan sel, dan metabolisme karbohidrat dan protein. Berikut adalah beberapa sumber makanan yang kaya akan zinc:


  • Daging: Daging sapi, daging ayam, dan daging babi adalah sumber makanan utama zinc. Setiap 100 gram daging sapi atau daging ayam mengandung sekitar 3-4 mg zinc, sedangkan 100 gram daging babi mengandung sekitar 2,5 mg zinc.
  • Ikan: Beberapa jenis ikan seperti salmon, tuna, dan sarden juga mengandung zinc. Sebagai contoh, setiap 100 gram salmon mengandung sekitar 0,5-0,6 mg zinc.
  • Kacang-kacangan: Kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, dan kacang merah adalah sumber makanan nabati yang kaya akan zinc. Setiap 100 gram kacang kedelai mengandung sekitar 4 mg zinc, sedangkan 100 gram kacang merah mengandung sekitar 1,1 mg zinc.
  • Susu dan produk susu: Susu, keju, dan yoghurt mengandung zinc. Sebagai contoh, 1 cangkir susu mengandung sekitar 1 mg zinc, sedangkan 1 ons keju cheddar mengandung sekitar 1 mg zinc.
  • Telur: Telur juga merupakan sumber makanan yang kaya akan zinc. Setiap telur mengandung sekitar 0,5-1 mg zinc.
  • Sereal: Sereal sarapan yang diperkaya dengan zinc juga dapat menjadi sumber makanan yang baik. Sebagai contoh, 1 mangkuk sereal gandum utuh dapat mengandung sekitar 3-5 mg zinc.
  • Selain itu, suplemen zinc juga tersedia di pasaran, tetapi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsinya, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu atau memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Post a Comment for "Manfaat Zinc (Seng) Bagi Kesehatan"

close