Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Wifi Tidak Terdeteksi di Laptop

Pohonilmu.com - Koneksi internet yang stabil dan cepat menjadi kebutuhan penting saat ini, terutama bagi pengguna laptop yang lebih mengandalkan wifi. Namun, tidak jarang kita menghadapi situasi di mana wifi tidak terdeteksi di laptop kita. Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari perangkat keras yang rusak hingga masalah dengan pengaturan jaringan. 

Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengatasi penyebab wifi tidak terdeteksi di laptop Anda. Dengan mengikuti solusi praktis yang dijelaskan di bawah ini, Anda akan dapat memulihkan koneksi wifi Anda dan kembali online dengan cepat.

Cara Mengetahui Penyebab Masalah Wifi Tidak Terhubung

1. Klik logo internet di taksbar, lalu pilih Troubleshoot Problems.

2. Klik menu WiFi di menu sebelah kiri, lalu aktifkan WiFi dengan klik On.

Laptop Berada Mode Pesawat


Sinyal wifi tidak akan terdeteksi jika mode pesawat menyala di laptop, hal ini terjadi mungkin karna tidak sengaja menekan tombol mode pesawat di keyboard. Tanda mode pesawat  menyala di laptop yaitu terdapat logo pesawat di menu taksbar bagian kanan bawah seperti berikut.

Solusi mengatasi mode pesawat yaitu kamu tekan logo pesawat di keyboard atau klik logo pesawat pada taksbar, lalu matikan mode pesawat dan klik WiFi untuk menyambungkan jaringan internet.

Adapter Network Connections Berada Pada Mode Disabled

Masalah ini paling umum terjadi di laptop setelah update windows 10, jika adaptor network connections wifi disabled maka jaringan internet wifi tidak akan terdekteksi oleh laptop. Oleh karena itu solusi untuk masalah ini yaitu mengaktifkan kembali network connections wifi.
Solusi masalah network connections disabled

1. Klik menu Start dan cari Control Panel, lalu klik Open. 


2. Klik View By dan pilih berdasarkan Category, Setelah itu pilih menu Network and Internet.

3. Klik Network and Sharing Centre


4. Klik Change adaptor settings


5. Klik kanan pada network Wi-Fi yang disabled, lalu pilih Enable.




Pengaturan Konfigurasi WLAN yang salah


WLAN AutoConfig merupakan sistem yang terdapat dalam windows yang berfungsi mendeteksi dan menghubungkan laptop dengan jaringan nirkabel seperti Wifi. Sistem ini biasanya tidak dimulai secara otomatis, sehingga menyebabkan jaringan nirkabel tidak terdekteksi di laptop. 
Solusi masalah konfigurasi WLAN AutoConfig 

1. Klik Start dan cari Services, lalu klik Open.


2. Cari WLAN AutoConfig, lalu klik kanan dan pilih Properties.
3. Pada tab General pilih Startup type Automatic dan klik tombol Start untuk menjalankannya, setelah itu tunggu hingga tombol Start tidak bisa diklik dan jika sudah klik tombol Apply lalu OK. Restart laptop dan coba hubungkan kembali dengan jaringan wifi.

Driver Network Bermasalah


Laptop tidak bisa mendeteksi wifi disekitar, jika driver network bermasalah. Hal ini disebabkan karna driver network belum terinstal atau driver network error. Kamu bisa menggunakan cara ini jika driver bermasalah dan memiliki tanda seru warna kuning, jika driver tidak ditemukan masalah seperti itu maka driver dalam keadaan normal jadi silahkan diupdate saja atau coba cara lain.
Solusi masalah driver network 

1. Klik kanan pada This PC / My Computer / Computer pada Start Menu, setelah itu pilih Manage.
2. Klik Device Manager dan pilih Network Adapter. Pada bagian Network Adapter kamu bisa menemukan hardware WiFi kamu yang bermasalah, lalu kamu klik kanan pada bagian yang memiliki tanda seru warna kuning dan uninstal pada hardware WiFi tersebut.

3. Setelah itu klik kanan Network Adapter dan pilih Scan for Hardware Changes agar laptop secara otomatis menginstal ulang driver hardware WiFi. Setelah selesai, tutup Device Manager lalu Restart laptop dan hubungkan kembali laptop ke WiFi.

Kesimpulan : Masalah wifi tidak terdeteksi di laptop bisa sangat menjengkelkan, tetapi dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan cepat dan efektif. Jangan lupa untuk memeriksa tombol aktivasi wifi, pengaturan jaringan, serta melakukan restart pada router dan modem. 

Jika masalah anda belum terselesaikan,alangkah baiknya anda install ulang driver wifi adapter,sesuai merk laptop yang anda pakai saat ini.

Contohnya : Cari kata kunci di google dengan judul " wifi driver lenovo " atau salin link berikut 

https://support.lenovo.com/us/id/downloads/ds104538-realtek-wifi-driver-for-windows-10-32-bit-64-bit-desktop

Post a Comment for "Cara Mengatasi Wifi Tidak Terdeteksi di Laptop"

close