Niat Sholat Rawatib (Qobliyah dan Ba'diyah) Serta Waktu Mengerjakannya


Pohonilmu.com - Sholat merupakan salah satu ibadah yang sangat penting dalam agama Islam. Selain sholat wajib lima waktu, terdapat juga sholat sunnah rawatib yang dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap Muslim. Dalam artikel ini, kita akan membahas dengan detail mengenai niat sholat rawatib, baik qobliyah (sebelum sholat wajib) maupun ba'diyah (setelah sholat wajib), serta waktu yang tepat untuk melaksanakannya.

عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عُمَرَ رض قَالَ:حَفَظْتُ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ ص م رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ


Artinya:"Dari Abdullah Bin Umar ra. ia berkata: Saya ingat dari Rasulullah saw dua rakaat sebelum dzuhur, dua rakaat sesudah dzuhur, dua rakaat sesudah maghrib, dua rakaat sesudah isya dan dua rakaat sebelum Subuh. (H.R Bukhari dan Muslim)

Mengenai keutamaan shalat sunnah rawatib antara lain terdapat dalam hadits berikut ini:


عَنْ أُمِّ الْمُؤْمِنِيْنَ أُمِّ حَبِيْبَةَ رَمْلَةَ بِنْتِ أَبِى سُفْيَانً رض قَالَتْ : سَمِعْتُ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْل:مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يُصَلِّى ِللهِ تَعَالَى كُلَّ يَوْمٍ ثِنْتَى عَشَرَةَ رَكْعَةً تَطَوُّعًا غَيْرَ فَرِيضَةٍ إِلاَّ بَنَى اللهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ أَوْ إِلاَّ بُنِىَ لَهُ بَيْتٌ فِى الْجَنَّةِ


Artinya:"Dari Ummul Mukminin, Ummu habibah (Ramlah) binti Abu Sufyan Ra. ia berkata: Saya telah mendengar Rasulullah saw  bersabda: Tiada orang muslim yang melaksanakan shalat sunnah karena Allah pada tiap-tiap hari dua belas rakaat, melainkan Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga." (H.R Muslim)

Waktu Mengerjakan Sholat Rawatib:


a. Qobliyah: Sholat rawatib qobliyah adalah sholat sunnah yang dikerjakan sebelum sholat wajib. Terdapat beberapa jenis sholat rawatib qobliyah, seperti sholat sunnah sebelum shubuh, sunnah sebelum zuhur, sunnah sebelum asar, sunnah sebelum maghrib, dan sunnah sebelum isya. Niat sholat rawatib qobliyah sebaiknya diucapkan dalam hati dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mengikuti sunnah Rasulullah.

b. Ba'diyah: Sholat rawatib ba'diyah adalah sholat sunnah yang dikerjakan setelah sholat wajib. Contoh sholat rawatib ba'diyah  sunnah setelah zuhur, sunnah setelah maghrib, dan sunnah setelah isya. Niat sholat rawatib ba'diyah juga diucapkan dalam hati dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mengamalkan sunnah yang dianjurkan.

Bacaan Niat Sholat Rawatib Qobliyah dan Ba'diyah

Untuk bacaan niat sholat sunnah rawatib dua rakaat qabliyah dan ba'diyah adalah sebagai berikut:


Niat Sholat Sunnah Qobliyyah Subuh


اُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى


Usholli sunnatash-shubhi rok'ataini qobliyyatan mustaqbilal qiblati lillahi ta'aala


Artinya : "Saya niat shalat sunnah sebelum subuh dua rakaat, dengan menghadap kiblat  karena Allah ta'ala


Niat Shalat Sunnah Qobliyyah Dzuhur



اُصَلِّى سُنَّةً الظُّهْرِرَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى


Usholli sunnatazh-zhuhri rok'ataini qobliyyatan mustaqbilal qiblati lillaahi ta'ala


Artinya : "Saya niat shalat sunnah sebelum dzuhur dua rakaat, dengan menghadap kiblat karena Allah ta'ala


Niat Sholat Sunnah Ba'diyyah Dzuhur


اُصَلِّى سُنَّةً الظُّهْرِرَكْعَتَيْنِ بَعْدِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى


Usholli sunnataz-zhuhri rok'ataini ba'diyyatan mustaqbilal qiblati lillaahi ta'aalaa


Artinya : "Saya niat shalat sunnah setelah dzuhur dua rakaat, dengan menghadap kiblat, karena Allah ta'ala


Niat Sholat Sunnah Ba'diyyah Maghrib


اُصَلِّى سُنَّةً الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ بَعْدِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى


Usholli sunnatal maghribi rok'ataini ba'diyyatan mustaqbilal qiblati lillaahi ta'ala


Artinya : "Saya niat shalat sunnah setelah maghrib dua rakaat, dengan menghadap kiblat, karena Allah ta'ala"


Niat Sholat Sunnah Ba'diyyah Isya


اُصَلِّى سُنَّةً الْعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ بَعْدِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى


Usholli Sunnatal 'isya'i rok'ataini ba'diyyayan mustaqbilal qiblati lillaahi ta'aala


Artinya : "Saya niat shalat sunnah setelah 'isya dua rakaat, dengan menghadap kiblat, karena Allah ta'ala"


Keutamaan dan Manfaat Sholat Rawatib:


a. Keutamaan: Melaksanakan sholat rawatib memiliki banyak keutamaan. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Barangsiapa yang mengerjakan sholat sunnah rawatib sebelum dan sesudah sholat wajib, maka Allah akan membangunkannya di surga." Sholat rawatib juga dapat mendekatkan diri kepada Allah, meningkatkan kualitas ibadah, dan memperoleh pahala tambahan.

b. Manfaat: Melakukan sholat rawatib juga memiliki manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Sholat sunnah rawatib dapat membantu meningkatkan konsentrasi dalam sholat, meningkatkan ketenangan pikiran, dan memperkuat ikatan spiritual dengan Allah. Selain itu, melaksanakan sholat rawatib secara rutin dapat membentuk kebiasaan baik dan membantu menjaga kesadaran akan ibadah sepanjang hari.

Kesimpulan:

Sholat rawatib, baik qobliyah maupun ba'diyah, merupakan bagian penting dari ibadah seorang Muslim. Melalui niat yang tulus dan melaksanakan sholat rawatib sesuai waktu yang dianjurkan, kita dapat mendapatkan keutamaan dan manfaat spiritual yang besar. Dengan memmelaksanakan sholat rawatib, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah, meningkatkan kualitas ibadah, dan memperoleh pahala tambahan. Selain itu, sholat rawatib juga membantu membentuk kebiasaan baik dan menjaga kesadaran akan ibadah sepanjang hari. Jadi, mari kita tingkatkan kualitas ibadah kita dengan melaksanakan sholat rawatib sesuai niat dan waktu yang dianjurkan. Semoga Allah menerima ibadah kita dan memberikan berkah-Nya dalam setiap langkah kehidupan kita.

Post a Comment

Previous Post Next Post
close