Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengetahui Kode iPhone : Kode iPhone iBox, Refurbished & Resmi



Pohonilmu.com - Pada setiap smartphone memiliki kode yang menjadi sebuah identitasnya, termasuk juga iPhone yang memiliki kode iPhone itu sendiri. Pengguna iPhone wajib mengetahui kode-kode tersebut, karna dengan kode tersebut pengguna bisa mengetahui iPhone tersebut berasal dari negara mana.

Selain mengetahui dari negara mana, kode iPhone juga berfungsi untuk mengetahui garansi yang digunakan apakah iBox, refurbished,serta resmi dan tidaknya sebuah iPhone tersebut. Kode ini berbeda-beda tiap ponselnya, sehingga antara kode iPhone yang satu dengan yang lainnnya tentunya tidaklah sama.

Kode iPhone ini juga sangat penting untuk melakukan klaim garansi, seperti misalnya anda membeli iPhone dari Cina dan bergaransi negara tersebut, maka untuk melakukan klaim garansi anda harus pergi ke cina tidak bisa melakukannya ditempat negara anda sendiri misalkan Indonesia.

Pihak iPhone sendiri memiliki berbagai jenis garansi, setiap jenis garansi tersebut cara klaim dan penggunaannya sangatlah beda. Adapun jenis-jenis garansi iPhone sendiri seperti garansi resmi, garansi distributor, garansi toko atau penjual dan yang terakhir adalah garansi internasional.

Namun biasanya untuk seri-seri yang sudah diperjual belikan di indonesia, rata-rata sudah menggunakan garansi resmi Ibox. Sehingga pengguna bisa melakukan klaim garansi apapun ketika terjadi suatu masalah melalui layanan Appel Store yang sudah memiliki Authorized Premium Reseller.


Fungsi Adanya Kode Negara iPhone

Seperti yang sudah dijelaskan diatas,ada beberapa fungsi yang bisa anda dapatkan dari adanya kode iPhone ini baik yang iBox, Refurbished, Inter atau bahkan resmi. Salah satu fungsinya yakni untuk mengetahui negara yang memproduksi iPhone serta untuk melakukan klaim garansi.

Selain itu, adanya kode iPhone dapat memberitahukan merek iPhone yang kita gunakan ini termasuk baru, second atau bahkan KW. Karna hingga saat ini, tidak sedikit banyaknya jenis-jenis iPhone tiruan yang sekilas terlihat mirip padahal itu semua 100% bukanlah produk asli dari Apple.

Pada kode negara iPhone tersebut nantinya terdapat kode region, seri hingga tipe yang digunakan dari ponsel iPhone. Jika kode iPhone yang anda miliki saat ini tidak cocok dengan table informasi region yang diberikan oleh pihak iPhone, maka sudah bisa dipastikan iPhone anda KW atau HDC.

Kode ini juga bisa digunakan untuk membedakan jenis iPhone asli atau palsu. Oleh karna itu, penting bagi seluruh pengguna iPhone untuk mengetahui kode asal iPhone yang ia gunakan. Karna tiap kode negara pasti memiliki perbedaan, baik dari segi angka atau bahkan huruf yang digunakan.

Daftar Kode iPhone Lengkap

Sebagai informasi, pada setiap iPhone yang telah diproduksi biasanya hanya dijual resmi di satu negara saja. Oleh karna itu, garansi resminya pun hanya berlaku di satu negara negara tersebut. Berbeda apabila jika anda membeli iPhone dari luar negeri, maka perlu pergi ke negara tersebut untuk klaim garansi.

Seperti yang telah disampaikan pada pembahasan diatas, setiap seri iPhone yang keluar pasti memiliki kode iPhone atau kode negara iPhone nya sendiri. Tujuan adanya kode tersebut adalah untuk melakukan pengecekan negara pembuat ponsel iPhone atau untuk mengetahui proses klaim garansi apabila ada kerusakan.

Hingga saat ini, iPhone sudah di produksi di berbagai negara dan dengan kode region yang berbeda-beda. Mengingat ponsel ini sangat populer di seluruh dunia termasuk salah satunya yakni Indonesia. Nah Berikut daftar kode negara iPhone lengkap yang bisa anda semua simak:

Kode iPhoneNegara
AKanada
ABArab Saudi, Mesir, Qatar, Uni Emirat Arab, Yordania
BBritania Raya, Irlandia
BGBulgaria
BRBrazil, dirakit di Brazil
BTBritania Raya
BZBrazil, dirakit di China
CCanada
CHChina
CIParaguay
CMHungaria, Kroasia
CRKroasia
CSRepublik Ceko, Slovakia
CZRepublik Ceko
D/DMJerman
DNAustria, Belanda, Jerman
EMeksiko
EEEstonia
ELEstonia, Latvia
ERIrlandia
ETEstonia
FPrancis
FBLuxemburg, Prancis
FDAustria, Liechtenstein, Swiss
FSFinlandia
GBYunani
GHHungaria
GPPortugal
GRYunani
HBIsrael
HCBulgaria, Hungaria
IDIndonesia
INIndia
IPItalia, Portugal
J/JPJapan
KSwedia
KHChina, Korea Selatan
KNDenmark, Norwegia
KSFinlandia, Swedia
LABarbados, Ekuador, El Salvador, Guatemala, Honduras, Kolumbia, Kosta Rika, Nikaragua, Panama, Peru, Puerto Rico, Republik Dominica
LEArgentina
LLAmerika Serikat
LPPolandia
LTLithuania
LVLatvia
LZChili, Paraguay, Uruguay
MGHungaria
MMAlbania, Makedonia, Montenegro
MYMalaysia
NDBelanda
NFBelgia, Luksembug, Portugal, Prancis
PL/PMPolandia
POPortugal
PPFiliphina
PYSpanyol
QBRusia
QLItalia, Portugal, Spanyol
QNDenmark, Islandia, Norwegia, Swedia
RKKazakhstan
RMKazakhstan, Rusia
RORumania
RP/RS/RURusia
RRMoldova, Rusia
SESerbia
SLSlovakia
SOAfrika Selatan
SUUkraina
TItalia
TATaiwan
THThailand
TUTurki
TYItalia
VNVietnam
XAustralia, Selandia Baru
YSpanyol
ZAHong Kong, Macau
ZDAustria, Belanda, Belgia, Jerman, Luksemburg, Monaco, Prancis, Swiss
ZGDenmark
ZMZambia
ZOBritania Raya
ZPSingapura
ZQJamaika
ZWZimbabwe

Selain daftar kode region iPhone yang sudah dibahas di kolom atas tadi, Ada juga beberapa kode lain yang perlu pengguna ketahui seperti misalnya M merupakan kode iPhone asli yang masih baru. Adapun kode-kode lainnya bisa anda simak melalui number list dibawah ini.

F: Merupakan kode Refurbished Unit resmi dari Apple
N: Merupakan kode Replacement Unit untuk produk yang diklaim melalui Apple Store
P: Merupakan kode Personalized Unit untuk produk yang dibuat secara kustom melalui Apple Online Store.

Dengan mengetahui kode iPhone tersebut, anda bisa mengetahui apakah iPhone yang digunakan saat ini termasuk kedalam kondisi baru, refurbished, ataupun kondisi lainnya. Jika tadi menyinggung tentang Authorized Premium Reseller. Nah meskipun tidak ada pabriknya, anda masih tetap bisa membeli iPhone resmi dari Indonesia.

Hal ini bisa ditunjukkan dengan adanya kode provider yang biasanya tertera pada bagian menu pengaturan Hp, Dusbox ataupun Part lain yang ada di bagian bawah kotak iPhone. Jika anda memilikinya, maka anda bisa melakukan klaim garansi di Indonesia. Daftar kodenya bisa anda simak pada table berikut ini

KodeProvide
PA/AXL
ID/ATelkomsel
FE/AIndosat


Cara Mengetahui Kode iPhone :

Melalui Pengaturan

  1. Pertama silahkan hidupkan ponsel Iphone anda
  2. Setelah itu Buka menu Settings
  3. Kemudian cari menu General
  4. Setelah itu silahkan pilih menu About
  5. Jika sudah, setelah itu cari kolom Model Number
  6. Pada tahap ini anda bisa melihat kode negara iPhone di bagian akhir seperti pada gambar
  7. Selesai
Melalui Kotak iPhone


Post a Comment for "Cara Mengetahui Kode iPhone : Kode iPhone iBox, Refurbished & Resmi"

close