Aplikasi Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ( Raport) Implementasi Kurikulum Merdeka


Pohonilmu.com - Dalam implementasi Kurikulum Merdeka yang mulai diterapkan di Indonesia pada tahun 2023, penilaian dan pelaporan hasil belajar peserta didik menjadi salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan. Untuk memfasilitasi kebutuhan ini, telah dikembangkan sebuah aplikasi Raport Kurikulum Merdeka yang dirancang untuk memudahkan proses penilaian dan pelaporan bagi para pendidik.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai salah satu upaya untuk mendukung penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah-sekolah di Indonesia. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur komprehensif yang memungkinkan guru untuk melakukan penilaian pembelajaran, merekam capaian peserta didik, dan menyusun laporan hasil belajar (raport) secara digital.

Fitur utama dari aplikasi Raport Kurikulum Merdeka antara lain:

Penilaian Pembelajaran : Guru dapat melakukan penilaian terhadap berbagai aspek pembelajaran, seperti pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik, sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka.

Pencatatan Capaian Peserta Didik : Aplikasi ini menyediakan fitur untuk mencatat dan memantau perkembangan belajar peserta didik secara rinci dan terstruktur.

Penyusunan Raport Digital : Guru dapat dengan mudah menyusun laporan hasil belajar (raport) peserta didik secara digital, termasuk memasukkan deskripsi capaian dan saran perbaikan.

Akses Orang Tua : Orangtua/wali peserta didik dapat mengakses hasil belajar anak mereka melalui aplikasi, sehingga dapat memantau perkembangan dan memberikan dukungan yang diperlukan.

Integrasi dengan Sistem Sekolah : Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka dapat terintegrasi dengan sistem informasi manajemen sekolah (SIMS) untuk memudahkan pengelolaan data dan informasi peserta didik secara komprehensif.

Dengan adanya aplikasi Raport Kurikulum Merdeka ini, diharapkan proses penilaian dan pelaporan hasil belajar peserta didik dapat berjalan dengan lebih efektif, efisien, dan transparan. Hal ini akan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan dan mendukung keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah-sekolah di Indonesia.

Yang perlu diperhatikan dalam melaporkan hasil belajar :

  • Waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan dan mengolah nilai lebih singkat.
  • Pengumpulan dan pengolahan hasil akhir lebih mudah.

Yang sebaiknya dihindari :

  • Merekayasa hasil tanpa adanya bukti perkembangan pembelajaran.
  • Bahasa yang kompleks dan terlalu ilmiah.
  • Penggunaan kata atau kalimat negatif.
  • Menilai dengan skor atau angka tanpa deskripsi kriteria
Berikut di Bagikan Contoh Aplikasi Raport Implementasi Kurikulum Merdeka , silahkan disesuaikan dengan Kearifan Lokal daerah masing masing :



ARASBE


Arasbe adalah aplikasi raport kurikulum merdeka berbasis excel macro. Aplikasi ini sudah sesuai juknis terbaru dan TP sudah terisi lengkap, serta dapat digunakan secara gratis.

Demikian Kami Sampaikan Contoh Laporan Kemajuan Pembelajaran Peserta didik , Semoga Bermanfaat . 

Post a Comment

Previous Post Next Post
close