Urutan Planet dan Susunan Tata Surya

Pohonilmu.com - Di alam semesta yang luas ini, ada sebuah sistem yang menarik dan mempesona yang kita sebut Tata Surya. Tata Surya terdiri dari Matahari, planet-planet, bulan, asteroid, dan komet yang berputar mengelilingi pusat gravitasi yang kuat ini. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi urutan planet dalam Tata Surya dan susunan yang menakjubkan dari objek-objek ini.

Merkurius (MERCURY)

Merupakan disebut sebagai planet yang terdekat dengan Matahari. Planet ini memiliki julukan yaitu  Bintang Senja dan Bintang Pagi. Planet merkurius tidak memiliki sebuah Planet Alami. 

Jauh jarak Planet Merkurius dari Matahari adalah  57,9 juta km dengan lama waktu rotasi Planet Merkurius mencapai 59 hari dan lama Revolusi planet merkurius  mencapai  88 hari. Suhu pada siang hari di planet ini mencapai 427°C, sedangkan suhu pada malam hari sekitar -173°C.

Venus (Venus)

Venus memiliki periode rotasi 243 hari dan periode revolusi 225 hari. Bentuk planet ini mirip seperti bumi dengan permukaan berupa awan tebal dengan suhu permukaan 462°C. Komposisi pembentuknya terdiri dari besi dan unsur berat lainnya.

Bumi (Earth)

Jarak bumi menuju Matahari berjarak sejauh 150 juta km,satu revolusi Bumi mengelilingi Matahari akan memakan waktu sekitar 365,25 hari. 

Waktu inilah yang menjadi dasar penggunaan kalender Masehi. Perhitungan 0,25 hari dalam satu kali revolusi Bumi akan ditambahkan menjadi satu hari di bulan Februari yaitu tanggal 29 Februari. 

Sedangkan Bumi berputar pada porosnya sendiri setiap 24 jam sekali atau lebih tepatnya setiap 23 jam, 56 menit, dan 4 detik.

Bumi juga memiliki satu satelit alami yang Bulan, Bulan adalah Satelit paling besar dari planet-planet kebumian yang terdapat dalam Sistem Tata Surya.

Mars

Planet Mars memiliki diameter mencapai 6.780 km dan massa 0,11 dari massa bumi. Periode rotasinya adalah 24.6 hari, sedangkan periode revolusinya adalah 1.9 tahun. Bentuk planet ini mirip seperti bumi dengan atmosfer mengandung CO, dengan sedikit N, Ar, O, CO, Ne, Kr, dan Xe. 

Mars juga disebut dengan julukan “Planet Merah” karena jika dilihat dari jauh tampak berwarna kemerah-kemerahan. Hal ini karena keberadaan besi oksida yang terdapat di permukaan planet Mars.

Jupiter

Jupiter atau Musytari, terkadang secara tidak baku disebut sebagai Yupiter, adalah planet terdekat kelima dari Matahari setelah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. 

Planet ini juga merupakan planet terbesar di Tata Surya. Diameternya mencapai 11 kali diameter Bumi dan beratnya 2 kali lebih besar dari jumlah planet di tata surya. Permukaan Jupiter diselimuti awan tebal yang sebagian besar terbentuk dari gas helium dan hidrogen. 

Saturnus (Saturn)

Saturnus ialah planet terbesar kedua di tata surya setelah planet Jupiter. Planet ini juga sering disebut  planet bercincin , karena mempunyai cincin yang mengelilinginya.

Planet ini memiliki atmosfer dan permukaan yang unik. Sebagian besar komposisinya terdiri dari gas seperti hidrogen dan helium, sehingga massanya cenderung ringan dibandingkan planet lain.

Uranus

Planet ini adalah planet yang terbesar ketiga yang ada di sistem tata surya  dan merupakan planetyang mempunyai berat tertinggi keempat. Munurut data dimana Atmosfer diUranus mirip dengan yang atmosfer di Saturnus dan Jupiter, sama memiliki kandungan hidrogen dan helium.

Neptunus (Neptune)

Planet neptunus merupakan planet yang letaknya paling jauh  (kedelapan) jika dilihat dari Matahari.

Planet ini berwarna biru karena atmosfernya terbentuk dari gas metana. Angin yang berembus di planet ini cukup kencang, yakni mencapai kecepatan lebih dari 1.600 km/jam.


Ciri-Ciri Planet Tata Surya

Selain berbeda dalam segi ukuran, tiap planet di tata surya juga memiliki ciri khas masing-masing. berikut penjelasannya:


1. Merkurius

  • Planet terdekat dari Matahari.
  • Memiliki banyak kawah.

2. Venus

  • Planet yang letaknya paling dekat dengan Bumi.
  • Disebut sebagai bintang sore atau bintang kejora karena dapat diamati saat petang dan sebelum matahari terbit.
  • Planet terpanas di tata surya.
  • Planet yang berputar searah dengan jarum jam.

3. Bumi

  • Satu-satunya planet yang dihuni oleh makhluk hidup.
  • Memiliki satelit bernama Bulan.

4. Mars

  • Disebut planet merah karena warnanya yang kemerah-merahan.
  • Memiliki atmosfer yang tipis.

5. Jupiter

  • Planet terbesar di sistem tata surya.
  • Memiliki kala rotasi paling cepat.

6. Saturnus

  • Planet yang memiliki cincin tebal.
  • Cincinnya berfungsi sebagai satelit-satelit kecil.

7. Uranus

  • Permukaannya tertutup awan tebal.
  • Berwarna agak kehijau-hijauan.

8. Neptunus

  • Suhunya sangat dingin.
  • Udaranya sangat kencang
  • Planet terjauh dari matahari.


Satelit-Satelit Planet di Tata Surya

Satelit merupakan benda kecil yang mengelilingi sebuah planet sebagai pengiringnya. Berikut ini daftar satelit alami planet di tata surya yang bisa Anda simak:

Merkurius: Tidak ada.

Venus: Tidak ada.

Bumi: Bulan.

Mars: Phobos dan Delmos.

Jupiter: Ada 19 satelit yang terdiri dari Metis, Andrastea, Amaltea, Thebe, Io, Europa, Ganymede, Kallista, Ieda, Haimalia, Lysithea, Elasa, Ananke, Garme, Parsiphea, Sinope, dan 3 satelit lain yang belum ada namanya.

Saturnus: Jumlahnya 21 yang terdiri dari Atlas, 1980S26,  1980S27, 1980S28, Euphemetheus, Janus, Mimas, Mimas co-orbital, Encaladus, Tethys, Telesto, Calypso, Dione co-orbital, 1980S5, 1980S6, Rhea, Itan, Hyperion, Lapetus, dan Phoebe.

Uranus: Jumlahnya 15 yang terdiri dari Titania, Oberon, Ariel, Umbriel, Miranda, Puck, Cordelia Ophelia, Bianca, Cressida, Desdemona, Juliet, Portia, Rosalind.

Neptunus: Jumlahnya 8 yang terdiri dari Triton, Nereid, Nathalassa, Despina, Galathea, dan Proteus.


Benda-Benda Langit Selain Planet di Tata Surya

Selain planet, ada benda-benda langit lainnya seperti komet, meteor, dan asteroid. Berikut penjelasannya

1. Komet

Komet sering disebut sebagai bintang berekor. Sama seperti planet, komet juga beredar mengelilingi matahari dan tampak bersinar karena memantulkan cahaya darinya. Berdasarkan pergerakannya, arah komet selalu menjauhi matahari.

2. Meteor

Meteor sering disebut sebagai bintang jatuh. Ukuran benda langit ini relatif kecil. Namun, sebagian juga ada yang beratnya mencapai satuan ton.

3. Asteroid

Asteroid tersebar di antara orbit planet Mars dan Jupiter, yakni sekitar 500 juta kilometer dari Matahari dan Bumi. Benda ini tampak bersinar karena memantulkan cahaya matahari. Beberapa contoh asteroid yaitu Trojan, Apollo, dan Cerres.

Post a Comment