Cara Mengatasi eSIM Tidak Ada Layanan di Iphone

Pohonilmu.com - Apa kamu saat ini mengalami masalah eSIM tidak ada layanan di iPhone yang kamu gunakan,saat ini? Maka kamu bisa temukan solusi mengatasi eSIM tidak ada layanan pada iPhone di bawah ini.

Perlu diketahui bahwa masalah eSIM tidak ada layanan di iPhone pada umumnya disebabkan karena kesalahan konfigurasi atau ada masalah jaringan dari operator/provider yang kamu gunakan. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika hal ini terjadi pada kamu dan masalah ini bisa diatasi dengan mudah loh!

Apa Itu eSIM?

Sebelum membahas ke topik utama cara mengatasi eSIM tidak ada layanan pada iPhone. Mungkin kamu perlu mengetahui terlebih dahulu,apa itu eSIM.

eSIM merupakan sebuah teknologi baru dalam dunia seluler yang memingkinkan pengguna smartphone untuk bisa mengakses jaringan seluler tanpa membutuhkan kartu SIM Card secara fisik. Jadi untuk membeli eSIM nantinya kamu tidak perlu membeli dan memasukan SIM Card berbentuk fisik.

eSIM ini bisa menyimpan nomor hp pelanggan, konfigurasi jaringan dan paket berlangganan ke operator seluler secara langsung yang bermanfaat sebagai fitur dual sim (SIM Card fisik dan eSIM).

eSIM ini memiliki beberapa kelebihan, seperti bisa menggunakan fitur dual SIM pada iPhone (SIM Card fisik dan eSIM). Sehingga pengguna bisa terhubung ke jaringan IOS tanpa perlu menggunakan SIM Card fisik.

Saat ini hampir semua operator seluler di Indonesia telah menyediakan layanan eSIM. Sehingga pengguna iPhone yang support eSIM sudah bisa memilih operator seluler mana yang ingin dipilih untuk menikmati fitur eSIM.

Tetapi karena layanan eSIM ini termasuk baru bagi masyarakat Indonesia, sehingga selama penggunaannya tentunya masih mengalami beberapa kendala. Dan salah satu masalah yang umum terjadi adalah eSIM tidak ada layanan pada iPhone. Lalu bagaimana solusi mengatasi eSIM tidak ada layanan pada iPhone?

Bagaimana Solusi Mengatasi eSIM “Tidak Ada Layanan” Pada iPhone?

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa sebelum kamu menggunakan eSIM untuk iPhone. Pastikan kamu menggunakan iPhone seri yang sudah support eSIM.

Berikut Beberapa iPhone yang sudah mendukung eSIM : 

  • Seri iPhone X, seperti iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max. 
  • Seri iPhone seri SE 2020 dan iPhone SE 2022 juga sudah support fitur eSIM. 
  • Selebihnya dari seri iPhone 11 sampai seri iPhone 14 terbaru sudah support fitur eSIM.

Jadi jika kamu menggunakan iPhone seri selain yang disebutkan tadi, maka kamu tidak akan bisa menggunakan eSIM di iPhone yang kamu miliki.

Lalu jika kamu sudah menggunakan seri iPhone yang support fitur eSIM dan kamu sudah membeli layanan eSIM dari operator seluler. 

Akan tetapi iPhone kamu gunakan memiliki masalah eSIM tidak ada layanan bagaimana cara mengatasinya?

1. Tunggu Beberapa Waktu, Jika Baru Mengaktifkan eSIM


Jika kamu baru saja mengaktifkan layaan eSIM dari operator seluler, mungkin pertama iPhone memiliki jaringan. Tetapi beberapa jam kemudian mati dan menunjukan status Tidak Ada Layanan pada jaringan.

Jika masalah ini terjadi, sebenanya kamu tidak perlu khawatir. Karena kamu baru pertama kali mengaktifkan eSIM, maka jaringan operator seluler mungking saja akan membutuhkan waktu,untuk sinkronisasi jaringan eSIM diaktifkan sepenuhnya.

Jadi kamu harus menunggu waktu beberapa jam kedepan mungkin butuh 1-2 jam sampai jaringan eSIM muncul dan bisa digunakan dengan normal. Umumnya kamu juga akan mendapatkan email atau SMS dari operator bahwa pendaftaran layanan eSIM berhasil diaktifkan.

2. Periksa Jangkauan Area Pengguna


iPhone tidak ada layanan saat menggunakan eSIM juga bisa disebabka karena kamu berada di lokasi dimana jaringan operator seluler kamu gunakan diluar jangkauan (Jaringan Lemah). Sehingga untuk cara mengatasinya, coba kamu pindah tepat atau keluar ruangan untuk mendapatkan sinyal jaringan operator.

Jadi kamu harus memastikan dengan baik apakah jaringan operator seluler kamu gunakan di area kamu saat ini terdapat sinyal yang kuat atau tidak.

3. Matikan dan Hidupkan Kembali Data Seluler eSIM iPhone

Cara mengatasi eSIM tidak ada layanan pada iPhone selanjutnya adalah dengan mematikan data seluler dan hidupkan kembali. Untuk melakukannya, silahkan kamu bisa ikuti cara matikan data seluler iPhone dengan langkah sebagai berikut :

  • Pertama silahkan kamu masuk ke Settings atau Pengaturan iPhone
  • Lalu masuk ke menu Data Seluler eSIM dan kamu silahkan non aktifkan sakelar ke OFF dan hidupkan kembali dengan membuat sakelar jadi ON
  • Selain melalui menu Pengaturan, kamu juga bisa mematikan dan menghidupkan data seluler eSIM melalui Control Panel. Kamu silahkan buka Control Panel dan ketuk logo Data Seluler hingga berwarna abu-abu dan ketuk kembali sampai aktif berwarna hijau.

4. Aktifkan dan Matikan Mode AirPlane


Selain mematikan dan menghidupkan data seluler, kamu juga bisa mencoba mengatasi masalah eSIM ini dengan mengaktifkan dan menonaktifkan mode airplane. Untuk mengaktifkan mode airplane kamu bisa melalui menu Control Panel atau menu Pengaturan seperti langkah menonaktifkan dan mengaktifkan mode data seluler di atas.

5. Instal ulang paket data eSIM



Setelah kamu mencoba mengatasi eSIM tidak ada layanan pada iPhone di atas dan masih belum berhasil. Maka kamu bisa mencoba melakukan instal ulang paket data eSIM di iPhone. Untuk melakukan instal ulang paket data eSIM, kamu harus meminta QR Code baru eSIM kepada operator seluler yang kamu gunakan.

6. Update iOS Terbaru

Masalah eSIM tidak ada layanan juga bisa disebabkan karena kamu belum memperbarui iOS. Jadi kamu bisa mencoba melakukan update iOS ke versi terbaru terlebih dahulu.

7. Reset Network Settings iPhone


Cara mengatasi eSIM tidak ada layanan pada iPhone selanjutnya bisa melalui menu Pengaturan dan melakukan Reset Network Settings. Beirkut ini adalah langkah reset network setting iPhone :

  • Buka menu Settings atau Pengaturan iPhone
  • Lalu masuk ke menu UMUM atau General
  • Pilih opsi Atur Ulang iPhone atau Transfer
  • Lalu klik Transfer atau Reset iPhone
  • Lanjut klik Reset Network Settings atau Atur Ulang Jaringan

8. Restart iPhone


Solusi terakhir yang bisa kamu coba adalah melakukan restart iPhone, biasanya solusi sederhana ini bisa mengatasi masalah iPhone dengan mudah. Silahkan kamu matikan iPhone beberapa saat dan hidupkan kembali iPhone.

Post a Comment