Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Urutan Generasi Processor Intel Dari Dulu Hingga Sekarang



Perkembangan teknologi komputer terus bergerak maju, dan salah satu komponen terpenting dalam sebuah komputer adalah processor. Intel, sebagai salah satu manufaktur processor ternama, telah menghadirkan berbagai generasi processor dengan beragam peningkatan dan fitur baru. Berikut adalah urutan generasi processor Intel dari dahulu hingga kini:

4004 Microprocessor

Pada tahun 1971 munculah Microprocessor Pertama Intel, yaitu Microprocessor 4004. Microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan adanya penemuan ini maka bermunculanlah ide-ide para penemu untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda-benda mati.

8008 Microprocessor

Microprocessor 8008 muncul pada tahun 1972 yang berkekuatan dua kali lipat dari pendahulunya, yaitu Microprocessor 4004.

8080 Microprocessor

8080 Microprocessor dibuat pada tahun 1974 dan menjadi otak dari sebuah komputer yang bernama Altair, yang pada saat itu terjual sekitar sepuluh ribu dalam setiap satu bulannya.

8086 - 8088 Microprocessor

Muncul pada tahun 1978 dan pada saat itu terjadi sebuah penjualan penting dalam divisi     computer    pada    produk     untuk    komputer    pribadi     buatan    IBM      yang memakai processor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel.

286 Microprocessor

 Intel 286 muncul pada tahun 1982 yang biasa dikenal dengan sebutan 80286 merupakan sebuah processor yang pertama kali bisa mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya.

Intel386TM Microprocessor

Pada tahun 1985 munculah Intel 386 yang merupakan sebuah processor dengan  memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut dan jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004.

Intel486™ DX CPU Microprocessor

Processor ini muncul pada tahun 1989 dan merupakan prosessor pertama kali yang memudahkan berbagai aplikasi yang seharusnya tadi mengetikkan command-

command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor.

 Intel® Pentium® Processor

Merupakan processor generasi baru yang muncul pada tahun 1993 dan mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan dan foto.

Intel® Pentium® Pro Processor

Muncul pada tahun 1995 dan Intel® Pentium® Pro Processor termasuk Processor yang sengaja dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 juta transistor yang tertanam.

Intel® Pentium® II Processor

  Processor Pentium II muncul pada tahun 1997 dan merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Processor Pentium II memiliki 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik.

Intel® Pentium II Xeon® Processor

Muncul pada tahun 1998 dan prosessor ini merupakan Processor yang dibuat dengan tujuan untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu.

 Intel® Celeron® Processor

Muncul setahun setelah Intel® Pentium II Xeon® Processor yaitu pada tahun 1999. Processor Intel Celeron adalah processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan fromfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu.

Intel® Pentium® III Processor

Muncul pada tahun 1999 dan Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.

 Intel® Pentium® III Xeon® Processor

Muncul pada tahun yang sama dengan Intel® Pentium® III Processor dan Intel® Celeron® Processor yakni pada tahun 1999. Saat itu, Intel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang dengan tujuan untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.

Intel® Pentium® 4 Processor

Processor ini muncul pada tahun 2000. Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah fromfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz.

Intel® Xeon® Processor

Muncul pada tahun 2001, Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server. Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula.

Intel® Itanium® Processor

Itanium muncul pada tahun 2001, yang merupakan processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakaian pada server dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ).

Intel® Itanium® 2 Processor

Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium yang muncul pada tahun 2002.

Intel® Pentium® M Processor

Muncul pada tahun 2003. Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana.

Intel Pentium M 735/745/755 Processors

Mulai muncul pada tahun 2004 dan dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seriseri Pentium M sebelumnya.

Intel E7520/E7320 Chipsets

Peluncurannya pada tahun 2004. 7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.

Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz

Prosessor ini muncul pada tahun 2005 yaitu Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.

Intel Pentium D 820/830/840

Muncul pada tahun 2005. Processor ini berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz.

Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.

Intel Core 2 Quad Q6600

Muncul pada tahun 2006. Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus dan thermal design power ( TDP ).

Intel Quad-core Xeon X3210/X3220

Muncul pada tahun 2006. Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP).

 Intel ® Core ™ 2 Quad

 Processor untuk PC desktop dirancang untuk menangani beban kerja besar menghitung dan visualisasi dimungkinkan oleh teknologi multi-core kuat. Memberikan bandwidth yang Anda butuhkan untuk aplikasi multi-threaded, Intel Core 2 Quad prosesor yang dibangun di 45nm Intel ® Core ™ mikroarsitektur pengalaman memungkinkan, lebih cepat, lebih dingin, dan tenang desktop PC dan workstation. Dengan empat core processing, hingga 12MB of shared L2 cache ¹, dan 1333 MHz Front Side Bus Intel Core 2 Quad prosesor desktop memberikan performa yang menakjubkan dan efisiensi daya diaktifkan oleh sirkuit hafnium berbasis 45nm Core mikroarsitektur Intel.

Intel ® Core ™ 2 duo

Processor ini memakai microprocessor dengan arsitektur x86. Arsitektur tersebut oleh Intel dinamakan dengan Intel Core Microarchitecture, di mana arsitektur tersebut menggantikan arsitektur lama dari Intel yang disebut dengan NetBurst sejak tahun 2000 yang lalu. Penggunaan Core 2 ini juga menandai era processor Intel yang baru, di mana brand Intel Pentium yang sudah digunakan sejak tahun 1993 diganti menjadi Intel Core.


Intel Core i Series

Seri Core i seperti (i3, i5, i7, i9, dan sejenisnya) pada dasarnya merupakan seri prosesor Intel yang mulai dirilis sejak tahun 2008. Berbeda dengan seri lain, seri i menawarkan kinerja lebih cepat serta efisien, sehingga lebih populer digunakan oleh para pengguna komputer.

1. Generasi Nehalem


Dirilis pada 2010, Nehalem adalah mikro-arsitektur prosesor Intel yang termasuk di generasi pertama. Nehalem merupakan penerus arsitektur core awal yang mempunyai keterbatasan tertentu seperti tidak memiliki keahlian dalam meningkatkan clock speed, tidak efisien, dll.

Generasi pertama ini menyematkan teknologi fabrikasi 45-nanometer dan menggabungkan RAM DDR3 di chip Prosesornya. Nehalem juga mengenalkan kembali teknologi hyper-threading yang sebelumnya telah ditinggalkan khususnya untuk model Prosesor core i3 seri pertama.

Perihal cache, Nehalem memiliki cache L1 64 KB, cache L2 256 KB per core dan cache L3 4 MB hingga 12 MB yang digunakan bersama dengan semua Prosesor core. Berikut adalah beberapa seri Prosesor intel dari generasi Nehalem:

Intel® Celeron® Prosesor E1200
Intel® Pentium® Prosesor E2200
Intel® Atom® Prosesor N270
Intel® Core™2 Quad Prosesor Q9550S
 

 

2. Generasi Sandy Bridge


Diperkenalkan pada 2011, generasi kedua diberi nama Sandy Bridge hadir menggunakan teknologi fabrikasi 32-nanometer untuk menggantikan Architecture Nehalem. Teknologi tersebut yang membuat lebih praktis dan efisien dibanding generasi sebelumnya.

Generasi kedua ini menggunakan cache L1 62 KB dan 256 KB per core yang sama untuk cache L2, akan tetapi ada perbedaan pada cache L3 1 MB hingga 8 MB. Sedangkan, untuk Prosesor extreme, dari 10 MB sampai 15 MB.

Sandy Bride menggunakan socket 1155 LGA dan 2-channel DDR3-1066 RAM. Generasi ini dilengkapi dengan fitur VGA, GPU atau pengolah grafis di dalamnya. Berikut ini terlampir contoh seri Prosesor dari generasi Sandy Bridge:

Intel® Core™2 Duo Prosesor E8500
Prosesor Intel® Core™ i3-2120
Prosesor Intel® Core™ i5-2400S
Prosesor Intel® Core™ i7-2600K

3. Generasi Ivy Bridge


Generasi ketiga yang dinamai Ivy Bridge diumumkan ke publik pada September 2012. Menggunakan fabrikasi 22  Nanometer membuat Ivy Bridge menjadi lebih efisien dan jauh lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

Didukung dengan port USB 3.0 dan PCle 3.0, rupanya Processor ini memiliki kekurangan yaitu lebih banyak mengeluarkan panas jika disandingkan dengan Sandy Bridge.

Sedangkan, untuk arsitekturnya generasi ketiga ini memakai socket LGA 1155 yang sama dengan DDR3-1333 sampai DDR3-1600 RAM. Di bawah ini ialah beberapa seri Prosesor Ivy Bridge:

Prosesor Intel® Core™ i3-3220
Prosesor Intel® Core™ i5-3570T
Prosesor Intel® Core™ i7-3770T
Prosesor Intel® Core™ i7-3370K

4. Generasi Haswell


Haswell merupakan Prosesor Intel generasi keempat yang teknologi fabrikasinya sama seperti Ivy Bridge, 22 Nanometer. Akan tetapi generasi yang diluncurkan pada 2013 ini, memiliki kecepatan lebih unggul dibanding Ivy Bridge.

Kecepatan Prosesor Intel yang mencapai di atas 3.4 GHz ini, memiliki banyak fitur seperti didukung dengan socket baru (LGA 1150, BGA 1364, LGA 2011-33), desain cache baru, teknologi DDR4, dan lain-lain.

Keunggulan utama dari generasi Haswell yaitu kemampuannya dalam penggunaan pada perangkat ultra-portable, hal ini disebabkan karena  Processor memakan daya yang rendah. Selanjutnya, Anda akan melihat seri Prosesor Intel dari generasi Haswell:

Prosesor Intel® Core™ i3-4330
Prosesor Intel® Core™ i5-4670
Prosesor Intel® Core™ i5-4670K
Prosesor Intel® Core™ i7-4790K

5. Generasi Broadwell




Broadwell, lahir menjadi generasi kelima Prosesor Intel pada 2015. Menggunakan arsitektur fabrikasi 14 Nanometer yang berukuran 37% lebih kecil dan membuatnya lebih hemat daya dari pendahulunya.

Intel memaparkan bahwa kehadiran Broadwell CPU mendorong daya pakai baterai perangkat mampu ditingkatkan selama 1,5 jam. Untuk tampilan desain Broadwell lebih kecil terutama untuk komputer atau Laptop, tetapi performanya lebih tinggi 20% dari generasi sebelumnya.

Generasi Broadwell memakai socket LGA 1150 dan LGA 2011-v3 2-channel DDR3L-1333/1600 RAM. Berikut adalah beberapa seri Prosesor Intel dari generasi kelima:

Prosesor Intel® Core™ i5-5675C
Prosesor Intel® Core™ i5-5675R
Prosesor Intel® Core™ i7-5775C
Prosesor Intel® Core™ i7-5775R

6. Generasi Skylake


Pada Agustus 2015, lagi-lagi Intel mengeluarkan generasi terbarunya yaitu Skylake. Generasi keenam ini menggunakan teknologi fabrikasi 14 Nanometer, meski sama dengan generasi sebelumnya kecepatan Prosesor ini mampu mencapai 50% lebih tinggi dan lebih hemat daya.

Menggunakan teknologi Speed Shift, Skylake mampu menekan pemborosan daya baterai. Generasi keenam tersebut juga mendukung penggunanya untuk menonton streaming video hingga kualitas 4K UHD. Di bawah ini adalah beberapa seri dari Prosesor Intel generasi Skylake:

Prosesor Intel® Core™ i3-6300T
Prosesor Intel® Core™ i5-6600T
Prosesor Intel® Core™ i7-6700T
Prosesor Intel® Core™ i7-6700K

7. Generasi Kaby Lake



Generasi Prosesor yang diluncurkan oleh Intel selanjutnya yaitu Kaby Lake. Generasi yang lahir pada 2016 ini masih sama menggunakan teknologi fabrikasi 14 Nanometer. Pada dasarnya, Kaby Lake adalah penyegaran arsitektur dari Sky Lake sehingga sedikit lebih efisien.

Kaby Lake menyematkan socket LGA 1151 dan mendukung dual-channel untuk tempat RAM DDR3L-1600 dan DDR4-2400. Keunikan dari generasi ketujuh ini, dilengkapi dengan arsitektur grafis baru untuk menunjang kinerja grafis 3D dan pemutaran video 4K lebih cepat.

Kaby Lake merupakan mikro-arsitektur pertama dari Intel yang tidak dilengkapi dengan driver resmi untuk sistem operasi yang lebih jadul (zaman dulu) dari Windows 10. Supaya tidak penasaran, selanjutnya akan dipaparkan seri-seri Prosesor Intel dari generasi Kaby Lake:

Prosesor Intel® Core™ i3-7300
Prosesor Intel® Core™ i3-7350K
Prosesor Intel® Core™ i5-7500T
Prosesor Intel® Core™ i7-7700T

8. Generasi Kabby Lake Refresh

Generasi kedelapan ini merupakan Kabby Lake versi Refresh yang rilis pada 2017. Kendati memiliki desain MA yang sama dengan pendahulunya, namun performanya mengalami peningkatan yang sangat luar biasa.

Intel mengklaim bahwa peningkatan performa generasi Kabby Lake Refresh yaitu 40% dan 2,3 kali lebih cepat. Ini disebabkan Intel menambahkan jumlah core. Beberapa chipset generasi ini memiliki dukungan untuk RAM DDR4-2666 tetapi kurang didukung RAM DDR3. Di bawah ini Anda akan melihat beberapa seri Prosesor Intel dari generasi Kabby Lake Refresh:

Prosesor Intel® Core™ i3-8250U
Prosesor Intel® Core™ i3-8350U
Prosesor Intel® Core™ i7-8550U
Prosesor Intel® Core™ i7-8650U

9. Generasi Coffee Lake


Nama yang unik untuk sebuah generasi Prosesor Intel berikutnya yaitu Coffee Lake. Generasi kesembilan ini dipublikasikan pada 2017. Generasi ini mampu menembus batas hingga 4 core per CPU.

Intel menyematkan penyebaran panas terpadu (HIS) ke CPU untuk meredam panas, sebab panas yang dihasilkan dalam inti processor Coffee Lake sangat besar.

Generasi ini  menggunakan socket LGA 1151 dengan piout yang diganti untuk menopang lebih dari 4 core bersama dengan cache L3 hingga 16 MB. Berikut adalah jajaran seri Prosesor Intel dari generasi Coffee Lake:

Prosesor Intel® Core™ i9-9900T
Prosesor Intel® Core™ i9-9900K
Prosesor Intel® Core™ i9-9880H
Prosesor Intel® Core™ i9-9980HK
 

10. Generasi Cannon Lake/Ice Lake


Cannon Lake yang menjadi generasi kesepuluh Intel, menawarkan performa yang super cepat. Generasi yang diproduksi pada 2018 ini mempunyai teknologi 10 Nanometer yang semuanya anyar.

Disebut juga sebagai Ice Like, generasi ini menggunakan socket BGA1526, mendukung DDR4 3200 dan LPDDR4X 3733. Tidak hanya itu generasi ini dilengkapi dengan WiFi 6, HDR 4K, teknologi Thunderbolt 3, dan sistem cerdas lainnya. Berikut adalah beberapa seri Prosesor Intel keluaran generasi Cannon Like/Ice Lake:

Prosesor Intel® Core™ i7-1065G7
Prosesor Intel® Core™ i7-1068NG7
Prosesor Intel® Core™ i5-1035G4
Prosesor Intel® Core™ i3-1005G1

11. Generasi Tiger Lake


Seperti yang kita tahu peradaban terus mengalami kemajuaan, hal ini dibuktikan dengan perusahaan Intel yang merilis generasi Prosesor terbarunya bernama Tiger Lake. Prosesor generasi kesebelas ini menggunakan CPU dan GPU fabrikasi 1 nm++. Prosesor ini ditargetkan memiliki performa lebih kuat dan baterai hemat.

Tiger lake pada Laptop menghadirkan sembilan SKU produk dengan 4-core/8-thread dan di seri terbawah 2-core/4-thread, serta di antaranya memakai GPU Intel Iris Xe dan Intel UHD Graphics. Selain itu, generasi ini condong dipasangkan untuk Laptop dengan desain ringan dan tipis. Bagi Anda yang ingin check-out Laptop dengan Prosesor Intel Tiger Lake, berikut beberapa jajaran seri dari generasi ini:

Prosesor Intel® Core™ i7-1185G7
Prosesor Intel® Core™ i7-1165G7
Prosesor Intel® Core™ i5-1135G7
Prosesor Intel® Core™ i3-1115G4
Wah, banyak juga ternyata seri Prosesor Intel dari masa ke masa. Kalau boleh tahu, perangkat komputer atau Laptop Anda masuk generasi berapa dan seri apa? Coba cek laptopnya, biasanya ada tulisan Intel pada stiker yang menempel di dekat keyboard!

12. Generasi Alder Lake


 

Pada ajang Consumer Technology Association (CES) 2022, Intel Alder Lake resmi diperkenalkan. Kode Alder Lake ini mengacu pada Intel Core generasi ke-12.’

Intel Alder Lake jadi prosesor yang menarik karena diperkenalkannya sistem kluster, yakni P-Core untuk performa dan E-Core untuk efisiensi daya. Sistem ini sedikit mirip dengan kluster prosesor yang ada di cip smartphone. 

Di awal perkenalan Alder Lake, Intel mengenalkan H-series, ada S-series, P-series, dan U-series.

Intel Alder Lake S menawarkan kemampuan prosesor sampai dengan 16 core dan 24 thread dengan TDP yang mampu menghantarkan daya 35 - 65 Watt. Intel mengklaim prosesor ini punya peningkatan 1,35 kali lebih cepat dalam multi-thread jika dibandingkan dengan CPU Intel Core generasi ke-10. Peningkatan performa juga terjadi di sektor grafis. 

Intel Alder Lake S-series hadirkan Intel UHD Graphics 770 yang digerakkan oleh arsitektur Intel Xe untuk mendukung tampilan virtual. 

Untuk H series, Intel hadirkan prosesor dengan 4 core CPU (6-P-core dan 8 E-core) serta 20 threads dengan rentang TDP mencapai 35-45 Watt. 

Intel juga hadirkan P-series dan U-series yang ditujukan untuk laptop. P-series adalah prosesor Intel Alder Lake untuk laptop yang punya desain ramping tapi ingin performa yang kencang. Sementara U-series yang beroperasi dengan rentang TDP 9-15 Watt juga diperuntukan untuk laptop yang lebih ramping. 

Selain itu, ada juga beberapa series baru seperti HX untuk gaming dan workstation dan juga series E. Untuk berbagai jenis prosesor dan tentang Alde Lake, dapat disimak pada lama resmi Intel soal Alder Lake.

 

13. Generasi Raptor Lake


Pada Oktober 2022, Intel memperkenalkan generasi Raptor Lake ke pasaran. Ini merupakan generasi Intel Core ke-13 setelah Alder Lake, membawakan peningkatan dari sisi performanya.

Seperti pada Alder Lake, generasi Raptor Lake juga kembali menggunakan desain arsitektur prosesor hibrida yang mengusung klaster high performance (P cores, Raptor Cove) dan klaster efisiensi daya (E cores, Gracemont).

Jumlah core tertinggi pada generasi ini dimiliki oleh Intel Core i9-13900K dan i9-13900KF, membawakan sebanyak 24 inti prosesor. 8 inti di antaranya merupakan P cores sedangkan 16 inti lainnya adalah E cores.


Hingga artikel ini ditulis (per November 2022), Intel Core i9-13900K merupakan prosesor gaming tergahar di dunia dengan clock speed yang mencapai 5.8 GHz pada inti high performance-nya.

Generasi Raptor Lake 13th gen juga memperkenalkan ragam prosesor lainnya yaitu Intel Core i7 (13700K dan 13700KF) serta Intel Core i5 (13600K dan 13600KF).

Intel Core generasi ke-13 juga membawakan peningkatan dukungan DDR5 hingga 5600 ketimbang 4800 pada generasi sebelumnya. Meskipun begitu, dukungan DDR4-nya tetap sama di angka 3200.

Sementara itu, sisi GPU-nya masih sama-sama gunakan Intel UHD Graphics 770 dengan proses Intel 7, seperti yang juga digunakan pada prosesor generasi 12 alias Alder Lake. Kehadiran Intel Core generasi ke-13 otomatis menjadikannya salah satu saingan terberat AMD Ryzen 7000 series yang duluan hadir di pasaran pada September 2022.

Post a Comment for "Urutan Generasi Processor Intel Dari Dulu Hingga Sekarang"

close