7 Kelebihan dan Manfaat Investasi Emas Beserta Kekurangannya

Pohonilmu.com - Investasi merupakan suatu langkah yang penting dalam membangun kekayaan dan mencapai kebebasan finansial. Salah satu instrumen investasi yang telah terbukti menguntungkan selama berabad-abad adalah emas. 

Emas telah digunakan sebagai bentuk mata uang dan simpanan nilai sejak zaman kuno. Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam tentang kelebihan dan manfaat investasi emas, serta membahas beberapa kekurangannya yang perlu diperhatikan.

Manfaat Investasi Emas


1. Perlindungan dari Inflasi

Emas telah terbukti menjadi perlindungan yang efektif terhadap inflasi. Ketika inflasi meningkat, daya beli mata uang menurun, sementara harga emas cenderung naik. Emas memiliki nilai intrinsik yang tidak dapat diubah oleh kebijakan moneter atau kondisi ekonomi. Dengan memiliki emas sebagai bagian dari portofolio investasi, investor dapat melindungi daya beli mereka dari dampak negatif inflasi


2. Bisa dibeli sesuai kemampuan (Nabung Emas)

Dulu mungkin banyak orang kesulitan berinvestasi di sini karena harus membeli dalam berat satu gram atau lebih. Akan tetapi, sekarang semua orang bisa membeli sesuai dengan kemampuan. Bahkan, di beberapa lembaga seperti Pegadaian memfasilitasi nasabah untuk menabung emas hanya dengan Rp5.000 saja,serta ada beberapa selogan menabung emas untuk masa depan.

Angka tersebut tentu saja sangat terjangkau dan bisa menjadi alternatif tabungan bagi anak sekolah. Pasalnya, kebanyakan anak-anak di bangku sekolah hanya diajarkan menabung di slope saja. Padahal, jika tabungan tersebut berupa emas, nilainya bisa naik cukup tinggi ketika diambil saat kelulusan.


3. Aset penting saat terjadi krisis

Setiap negara mempunyai potensi mengalami krisis keuangan yang menyebabkan berbagai dampak buruk terutama di sektor ekonomi,seperti halnya krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1998.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut jika mempunyai investasi emas. Logam mulia ini dapat dijadikan sebagai alat tukar ketika mata uang sedang tidak terkendali.

4. Nilai cenderung terus naik

Sepuluh tahun lalu, harga satu gram emas adalah di kisaran Rp500.000. Sementara itu, saat ini nilai tersebut sudah mencapai dua kali lipatnya. Pertumbuhan ini menjadikannya sebagai salah satu instrumen investasi terbaik dan paling aman karena nilainya cenderung terus naik.

Meskipun dalam rentang waktu pendek terlihat terjadi fluktuasi nilai, namun secara garis besar hampir setiap tahun nilainya akan terus naik. Oleh karena itu, logam mulia tersebut bisa menjadi pilihan tepat apabila Anda ingin berinvestasi dengan risiko rendah dibandingkan membeli saham atau sebagainya.

5. Menjadi dana darurat

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Satu-satunya cara terbaik untuk mempersiapkan kemungkinan tersebut adalah berinvestasi sejak dini. Dana darurat atau pengeluaran untuk kebutuhan mendesak memang perlu dipersiapkan.

Sebagai contoh, Anda bisa berinvestasi untuk berjaga-jaga pembiayaan sekolah anak, pembayaran rumah sakit, dan lain-lain. Menariknya, dana tersebut tidak perlu berupa uang, melainkan dapat juga berbentuk emas karena penyimpannya jauh lebih aman.

6. Lebih aman disimpan

Berkaitan dengan sebelumnya, tidak sedikit kasus ketika orang menabung dalam bentuk uang lembar di dalam kotak khusus selama berpuluh-puluh tahun. Bukannya untung, sayangnya uang di dalam kotak tabungan tersebut ternyata sudah rusak dimakan oleh rayap.

Hal tersebut tidak akan dialami ketika Anda berinvestasi emas. Pasalnya, emas merupakan logam mulia yang tidak bisa dirusak oleh rayap dan faktor-faktor lain. Selain aman dalam penyimpanan, investasi ini juga aman dari berbagai risiko kerugian seperti saham, kripto, dan sejenisnya.


7. Mudah dicairkan

Apabila membutuhkan dana mendesak, proses pencairan logam mulia tidak terlalu rumit. Emas dengan bentuk batangan atau perhiasan bisa dijual di toko emas yang tersebar di berbagai wilayah. Namun, pastikan untuk memilih toko yang tepat agar bisa mendapatkan harga terbaik.

Sementara itu, jika Anda menabung emas dalam bentuk digital, biasanya pencairan dapat langsung dilakukan di level tersebut. Anda cukup melengkapi beberapa information pendukung yang diminta dan proses pencairan akan dilakukan dalam beberapa hari kerja.


Kekurangan Investasi Emas


1. Perkembangan harga lambat


Bisa dibilang pertumbuhan nilai logam mulia ini cukup dipengaruhi oleh kondisi ekonomi yang sedang terjadi. Apabila kondisi sedang tidak stabil, maka peningkatan nilainya akan lebih cepat dan memberikan keuntungan.

Akan tetapi, ketika kondisi ekonomi sedang stabil, maka perkembangan harga akan cenderung lebih lambat. Hal ini dikarenakan masyarakat hanya menggunakannya sebagai tabungan aset saja dan bukan menjadi alat tukar.

2. Tidak cocok untuk jangka pendek


Seperti yang telah disinggung di bagian sebelumnya, dalam rentang waktu pendek, nilai emas memang tidak mengalami perkembangan signifikan. Bahkan, ada kemungkinan di beberapa bulan tertentu justru mengalami penurunan.

Akan tetapi, jika dilihat dalam pandangan lebih luas, yakni puluhan tahun, nilai tersebut cenderung selalu meningkat. Oleh sebab itulah emas kurang cocok dijadikan investasi untuk jangka pendek, melainkan jangka panjang. Meski begitu, tidak ada salahnya jika Anda menggunakannya sebagai pengganti menabung.

3. Potensi kehilangan


Risiko ini biasanya akan dialami ketika Anda menyimpan emas dalam bentuk fisik, baik itu batangan maupun perhiasan. Cukup banyak kasus pencurian atau perampokan perhiasan sehingga risiko kehilangan cukup besar.

Walaupun demikian, bukan berarti Anda tidak boleh mencoba investasi berbentuk fisik. Justru sebaliknya, dengan mengetahui risiko ini maka perlu ekstra hati-hati dalam menyimpan. Jika tidak terlalu penting, jangan pernah membawa perhiasan emas ke tempat umum.

Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah menggunakan brankas pribadi. Dengan menyimpan di brankas, maka logam mulia tersebut akan lebih aman dari risiko pencurian.

Rekomendasi Platform Investasi Emas

Setelah kita mengetahui Kelebihan dan Manfaat Investasi Emas Beserta Kekurangannya,sekarang kita akan membahas Rekomendasi Platform atau manajer investasi emas terbaik.

1. Pegadaian

2. Bareksa

3. Pluang

4. Indogold

5. Treasury

Post a Comment

Previous Post Next Post
close