Jadwal SNBP 2024, Syarat, Tahap Pendaftaran & Aturan Barunya



Pohonilmu.com - Jadwal dan ketentuan SNBP, atau yang dulunya disebut sebagai SNMPTN, akhirnya sudah diumumkan oleh pemerintah, nih. Dibandingkan dengan SNBP 2023, ada beberapa perubahan untuk SNBP 2024 mendatang. SNBP tidak hanya mempertimbangkan nilai pelajaran yang berkaitan dengan jurusan yang kamu pilih aja, tapi juga nilai rapor keseluruhan.

Terus Apa itu SNBP?

SNBP adalah singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. SNBP atau jalur undangan merupakan nama yang digunakan untuk mengganti SNMPTN mulai tahun 2023. Nah, jalur seleksi SNBP akan berdasarkan pada nilai rapor rata-rata semua pelajaran, portofolio, prestasi non akademik, dan penilaian masing-masing kampus.


SNBP diselenggarakan oleh lembaga Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Di tahun 2024 mendatang, SNPMB menetapkan beberapa aturan untuk calon peserta dan sekolah, terkait PDSS, akreditasi sekolah, dan pilihan program studinya. Berikut informasi lengkapnya!


Jadwal Pendaftaran SNBP 2024

Rangkaian proses seleksi SNBP akan dimulai dari bulan Desember. Namun, pendaftarannya baru akan dimulai pada bulan Februari hingga pengumuman di bulan Maret. Simak detailnya berikut ini:


1. Pengumuman Kuota Sekolah: 28 Desember 2023

2. Penutupan Masa Sanggah Kuota Sekolah: 28 Desember 2023 – 17 Januari 2024

3. Registrasi Akun SNPMB Sekolah: 8 Januari – 8 Februari 2024

4. Registrasi Akun SNPMB Siswa: 8 Januari – 15 Februari 2024

5. Pengisian PDSS: 9 Januari – 9 Februari 2024

6. Pendaftaran SNBP: 14 – 28 Februari 2024

7. Pengumuman Hasil SNBP: 26 Maret 2024


Untuk mendaftar melalui jalur SNBP, pihak sekolah harus mengisi PDSS atau singkatan dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa. PDSS adalah basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible untuk mendaftar. Pengisian PDSS dilakukan oleh sekolah, dan kebenaran data yang diisikan menjadi tanggung jawab Kepala Sekolah.


PDSS mengakomodasi Kurikulum Nasional 2006 KTSP, Kurikulum 2013 (Sistem Paket dan SKS), dan Kurikulum Merdeka. Jadi, sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional, misalnya seperti sekolah-sekolah dengan kurikulum internasional, tidak diperbolehkan mendaftar PDSS. Itu artinya, kamu juga belum berkesempatan untuk mengikuti jalur SNBP 2024.


Persyaratan SNBP 2024

Perlu diketahui, tidak semua sekolah dan semua siswa bisa mendaftarkan diri melalui jalur SNBP. Ada beberapa persyaratan untuk sekolah dan peserta yang harus dipenuhi. Berikut detailnya:


1. Persyaratan Sekolah

SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN.

Ketentuan Akreditasi:

Akreditasi A: 40 % terbaik di sekolahnya.

Akreditasi B: 25 % terbaik di sekolahnya.

Akreditasi C dan lainnya: 5% terbaik di sekolahnya.

Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Data siswa yang diisikan hanya yang eligible sesuai dengan Ketentuan Akreditasi.

 

2. Persyaratan Peserta

Peserta yang bisa mendaftar melalui jalur SNBP adalah Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2024 yang memiliki prestasi unggul di sekolahnya. Selain itu, ada juga persyaratan lain bagi siswa yang telah eligible untuk mendaftar SNBP 2024, di antaranya:


  • Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS.
  • Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan di PDSS.
  • Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah Portofolio.
  • Memiliki kesehatan yang memadai, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

 


Ketentuan Baru SNBP 2024

Secara umum, proses pendaftaran SNBP 2024 sama seperti tahun sebelumnya, ya. Namun, ada beberapa perubahan yang dikeluarkan oleh Dirjen Diktiristek. Berikut rinciannya:


1. SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik menggunakan rapor, prestasi akademik, dan non akademik siswa. Adapun rapor yang digunakan adalah sebagai berikut:

Semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun; atau

Semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.

Prestasi akademik maupun non akademik siswa yang dinilai adalah tiga prestasi terbaik.

2. Sekolah yang mendaftarkan siswanya dalam SNBP harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan rapor siswa yang eligible di PDSS dengan lengkap dan benar.

3. Sekolah harus memiliki Akun SNPMB Sekolah untuk mengisi PDSS, dan siswa harus memiliki Akun SNPMB Siswa untuk mendaftar SNBP. Registrasi Akun SNPMB Sekolah dan Siswa dilakukan di portal SNPMB.

4. Siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi di jalur SNBT 2024 dan Mandiri di PTN manapun.


Kriteria Penilaian SNBP 2024


SNBP 2024 akan mempertimbangkan prestasi berdasarkan dua komponen penilaian, yaitu minimal 50% rerata nilai rapor keseluruhan dan maksimal 50% komponen penggali minat dan bakat.


Maksudnya apa tuh komponen penggali minat dan bakat? Jadi, komponen kedua ini akan menghitung nilai rapor dari paling banyak dua mata pelajaran pendukung program studi yang dituju, portofolio, dan/atau prestasi lainnya dengan paling banyak 50% dari bobot penilaian.


Portofolio SNBP 2024

Nah, bagi peserta yang memilih program studi di bidang seni dan olahraga, WAJIB mengunggah Portofolio. Terdapat 11 jenis Portofolio yang berlaku untuk SNBP dan SNBT, di antaranya:

Olahraga

Seni Tari

Seni Musik

Seni Karawitan

Etnomusikologi

Teater

Fotografi

Film Televisi

Seni Pedalangan

Sendratasik

Seni Rupa, Desain, dan Kriya

 

Ketentuan Pemeringkatan Siswa oleh Sekolah

Gimana sih caranya sekolah melakukan pemeringkatan? Nah, pemeringkatan itu dilakukan berdasarkan beberapa ketentuan berikut ini:


Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah dengan memperhitungkan nilai rerata semua mata pelajaran semester 1 sampai dengan semester 5.

Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama. Pada sekolah Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), kriteria lain dapat menggunakan capaian siswa dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah.

 

Ketentuan Pemilihan Program Studi di SNBP 2024

Lalu, gimana sih ketentuan terkait pemilihan program studi oleh peserta? Berikut penjelasannya:

Setiap siswa dari jurusan IPA, IPS atau Bahasa dizinkan memilih program studi di PTN.

Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN.

Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.

 

Tahapan Pendaftaran SNBP 2024

Setelah semua persyaratan, berkas, dan data yang dibutuhkan siap, kamu bisa mulai mendaftarkan diri dengan mengikuti tahapannya berikut ini:

1. Pengumuman Kuota

Bagi sekolah dengan Akreditasi dan jumlah siswa sesuai dengan ketentuan, akan menerima pengumuman kuota SNBP. Pengumuman kuota sekolah akan berlangsung pada 28 Desember 2023. Layanan masa sanggah tentang kuota paling lambat tanggal 17 Januari 2024 pukul 15.00 WIB.

2. Registrasi Akun SNPMB Bagi Sekolah

Wajib bagi sekolah yang belum memiliki akun SNPMB untuk melakukan registrasi melalui laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

3. Registrasi Akun SNPMB Bagi Siswa

Wajib bagi siswa kelas 12 melakukan registrasi melalui laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

4. Pemeringkatan Siswa

SNPMB menginformasikan jumlah siswa yang eligible mendaftar SNBP berdasarkan Akreditasi Sekolah.


5. Pengisian PDSS

Sekolah melakukan proses pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).


6. Pendaftaran SNBP

Siswa yang datanya sudah masuk ke dalam PDSS, bisa melakukan pendaftaran di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.


7. Pilih PTN dan Program Studi

Kamu bisa memilih paling banyak dua PTN (lihat kembali ketentuan pilihan PTN dan program studi di atas).


8. Pengunggahan Portofolio

Wajib bagi peserta yang memilih program studi di Bidang Seni dan Olahraga untuk mengunggah Portofolio sesuai dengan jurusan yang dipilih.


9. Seleksi Jalur SNBP

PTN melakukan seleksi jalur SNBP berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh masing-masing PTN.


10. Pengumuman SNBP

Hasil kelulusan SNBP dapat kamu lihat di laman SNPMB atau laman mirrornya pada 26 Maret 2024 pukul 15.00 WIB.

11. Daftar Ulang

Peserta yang lolos jalur SNBP melakukan pendaftaran ulang di PTN tempat calon mahasiswa dinyatakan diterima dan mengikuti ketentuan PTN yang bersangkutan.


Sanksi bagi Sekolah atau Siswa yang Melakukan Kecurangan

Jika sekolah maupun siswa melakukan tindak kecurangan pada saat proses seleksi SNBP, tentu akan mendapat sejumlah sanksi sebagai berikut:


Bagi sekolah yang terbukti melakukan kecurangan dapat dikenai sanksi hingga pembatalan kepesertaan pada SNBP tahun berikutnya.

Bagi siswa yang dinyatakan lulus SNBP dan terbukti melakukan kecurangan dapat dibatalkan status kelulusannya.

Informasi Lebih Lanjut Seputar SNBP 2024

Terakhir, kalau kamu masih punya pertanyaan dan butuh informasi lebih lanjut seputar pelaksanaan SNBP 2024, kamu bisa langsung mengunjungi laman resmi SNPMB BPPP atau media sosialnya berikut ini:

Laman Resmi: https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

Email: snpmb@bppp.kemdikbud.go.id

Telepon: 021-3104041

Call center: 08041450450

HelpDesk: https://halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

Instagram SNPMB BP3: @snpmb_bp3

Twitter SNPMB BP3: @snpmb_bp3

Tiktok SNPMB BP3: @snpmb_bp3

Facebook SNPMB BP3: snpmb.bp3

YouTube SNPMB BP3: snpmb-bppp


Post a Comment

Previous Post Next Post
close