Manfaat Kalsium bagi Kesehatan


Pohonilmu.com - Kalsium merupakan mineral penting yang diperlupakan yang dibutuhkan pada tubuh,agar menjaga kesehatan terutama tulang serta gigi,selain itu kalsium juga ditemukan dalam darah, otot serta jaringan tubuh lainnya. Peran penting Kalsium adalah menjaga berbagai fungsi tubuh seperti kontraksi otot, fungsi saraf dan koagulasi darah.


Kekurangan kalsium dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penurunan kepadatan tulang, gigi berlubang dan masalah kardiovaskular. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan harian kalsium untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.


Manfaat Kasium bagi Kesehatan


Berikut ini adalah beberapa manfaat Kalsium bagi Kesehatan kita.


1. Meningkatkan kekuatan tulang dan gigi

Kalsium adalah komponen utama dalam tulang dan gigi. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang dan meningkatkan risiko patah tulang dan osteoporosis. Kekurangan kalsium juga dapat menyebabkan gigi menjadi rapuh dan berlubang. Kalsium membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi dan memperkuatnya.


2. Menjaga fungsi otot yang sehat

Kalsium membantu otot untuk berkontraksi dan meregang dengan benar. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan kejang otot, kelemahan otot, dan kram otot. Kalsium juga penting untuk menjaga fungsi jantung yang sehat.


3. Menjaga kesehatan saraf

Kalsium juga berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf. Kalsium membantu menjaga fungsi otak yang sehat dan membantu mengatur sinyal saraf di seluruh tubuh.


4. Menjaga kesehatan hormon

Kalsium juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan hormon. Kalsium membantu mengatur produksi hormon dalam tubuh dan membantu mengatur siklus menstruasi pada wanita.


5. Menjaga kesehatan jantung

Kalsium penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kalsium membantu mengatur detak jantung dan mempertahankan tekanan darah yang sehat. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan masalah kardiovaskular seperti hipertensi dan penyakit jantung.


6. Meningkatkan kesehatan kulit

Kalsium juga penting untuk menjaga kesehatan kulit. Kalsium membantu mengatur produksi minyak pada kulit dan membantu menjaga kelembaban kulit. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, dan bersisik.


7. Mendukung fungsi sistem pencernaan

Kalsium juga berperan penting dalam mendukung fungsi sistem pencernaan. Kalsium membantu menjaga kontraksi otot pada saluran pencernaan dan membantu menyeimbangkan pH dalam usus. Kalsium juga membantu mencegah kanker usus besar.


8. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Kalsium juga memainkan peran penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Kalsium membantu produksi sel darah putih yang membantu melawan infeksi dan penyakit. Kalsium juga membantu mengatur respons inflamasi dalam tubuh.


Angka Kecukupan Gizi (AKG) Kalsium


Angka Kecukupan Gizi (AKG) kalsium dapat bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin dan kondisi kesehatan individu. Di bawah ini adalah AKG kalsium berdasarkan usia yang direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO):


Bayi usia 0-6 bulan: 200-260 mg/hari

Bayi usia 7-12 bulan: 260-525 mg/hari

Anak usia 1-3 tahun: 500 mg/hari

Anak usia 4-8 tahun: 700 mg/hari

Anak laki-laki usia 9-13 tahun: 1.000 mg/hari

Anak perempuan usia 9-13 tahun: 1.000 mg/hari

Remaja laki-laki usia 14-18 tahun: 1.000-1.300 mg/hari

Remaja perempuan usia 14-18 tahun: 1.000-1.300 mg/hari

Dewasa laki-laki usia 19-50 tahun: 1.000 mg/hari

Dewasa perempuan usia 19-50 tahun: 1.000 mg/hari

Dewasa laki-laki usia di atas 50 tahun: 1.000-1.200 mg/hari

Dewasa perempuan usia di atas 50 tahun: 1.200 mg/hari


Namun, individu dengan kondisi kesehatan tertentu seperti osteoporosis atau alergi terhadap susu mungkin memerlukan dosis yang lebih tinggi atau terbatas. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang hamil atau menyusui, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan AKG kalsium yang sesuai untuk Anda.


Makanan yang Mengandung Kalsium


Ada banyak makanan yang mengandung kalsium, baik yang berasal dari sumber nabati maupun hewani. Berikut adalah beberapa contoh makanan yang kaya akan kalsium:


Susu dan produk olahannya seperti keju, yoghurt dan es krim

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang almond, kenari, kacang mete dan biji wijen

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli dan kale

Ikan seperti ikan salmon dan sarden dengan tulang

Tahu dan produk kedelai lainnya

Buah-buahan kering seperti kurma dan ara

Jus jeruk yang diperkaya kalsium

Roti yang diperkaya kalsium

Air mineral yang diperkaya kalsium

Post a Comment

Previous Post Next Post
close