Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Ruang Lingkupnya



Seodulu (Edu) - Jaringan komputer adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang saling terhubung untuk memungkinkan komunikasi dan berbagi sumber daya antar komputer. Ada beberapa jenis jaringan komputer berdasarkan ruang lingkupnya, yaitu sebagai berikut:


  • LAN (Local Area Network)

LAN adalah jaringan komputer yang memiliki ruang lingkup terbatas, biasanya hanya di dalam satu bangunan atau area yang terbatas. LAN digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan perangkat lainnya, seperti printer dan scanner, sehingga memungkinkan berbagi sumber daya seperti data, aplikasi, dan perangkat.


  • MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah jaringan komputer yang memiliki ruang lingkup lebih luas dibandingkan dengan LAN, namun masih terbatas pada area perkotaan atau daerah metropolitan. MAN digunakan untuk menghubungkan beberapa LAN yang berada di dalam suatu kota atau daerah sehingga memungkinkan berbagi sumber daya antar jaringan.


  • WAN (Wide Area Network)

WAN adalah jaringan komputer yang memiliki ruang lingkup paling luas, mencakup wilayah yang sangat besar, bahkan melintasi negara atau benua. WAN digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang berada di tempat yang jauh, sehingga memungkinkan berbagi sumber daya seperti data dan aplikasi secara efisien.


  • WLAN (Wireless Local Area Network)

WLAN adalah jenis jaringan LAN yang menggunakan teknologi wireless (tanpa kabel) untuk menghubungkan perangkat. WLAN sangat populer digunakan pada perangkat mobile seperti laptop, tablet, dan smartphone. WLAN memungkinkan pengguna untuk terhubung ke jaringan tanpa harus menggunakan kabel, sehingga memudahkan pengguna untuk bergerak bebas dan tetap terhubung ke jaringan.


  • PAN (Personal Area Network)

PAN adalah jaringan komputer yang memiliki ruang lingkup paling sempit, biasanya hanya mencakup satu ruangan atau area kerja. PAN digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat pribadi seperti smartphone, laptop, dan tablet ke dalam suatu jaringan yang kecil sehingga memungkinkan berbagi data dan perangkat seperti printer dan scanner.


Itulah beberapa jenis jaringan komputer berdasarkan ruang lingkupnya. Pemilihan jenis jaringan komputer yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis atau personal dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam penggunaan sumber daya.

Post a Comment

Previous Post Next Post